Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus dan Minus Beli Tiket Bus Secara Online

Kompas.com - 18/05/2021, 13:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini masih menjadi pilihan sebagian orang untuk bepergian. Dahulu, jika ingin memesan tiket bus AKAP, harus ke agen tiket beberapa hari sebelumnya agar tidak kehabisan.

Namun saat ini, pembelian tiket bus bisa dilakukan secara online atau lewat aplikasi. Bahkan beberapa PO bus membuat website sendiri khusus untuk pemesanan tiketnya, selain itu ada juga yang melalui aplikasi pemesanan tiket.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika memesan tiket bus secara online. Mulai dari praktis, cepat dan tidak ribet.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Final Edition, Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

tiket bus akapkaskus tiket bus akap

“Membeli tiket bus dengan online memiliki proses yang mudah dan simpel, cocok untuk orang yang sibuk dan ingin praktis. Lalu bisa juga dapat promo dari aplikasinya,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Promo dari aplikasi ini biasanya hasil kerja sama antara PO bus dengan aplikasi pemesanan tiket. Misalnya ada potongan Rp 20.000 jika memesan tiket lewat aplikasi Redbus, maupun promo-promo lainnya.

Namun dari kepraktisan pemesanan tiket online, ada beberapa kekurangannya. Pertama bagi orang yang tidak biasa menggunakan pembayaran elektronik, akan sedikit kesulitan. Selain itu, ada juga yang tidak bisa memilih posisi duduknya ketika beli secara online.

Baca juga: Tarif Tiket Bus Jakarta – Yogyakarta Kelas Eksekutif Mulai Rp 100.000

Memang bagi orang yang sudah terbiasa dengan pembayaran online, tidak akan masalah dengan cara bayarnya. Selain itu untuk orang yang awam, tidak terlalu mementingkan posisi duduk ketika bepergian.

Namun, penggemar bus biasaya ingin memilih posisi tempat duduknya, agar bisa menikmati perjalanan. Selain itu, beberapa penggemar bus juga senang dalam mengoleksi tiket bus dengan bentuk yang keren dan hanya bisa didapatkan jika membeli di agen resmi atau kantor perwakilan.

“Kekurangan lainnya lebih ke selera, buat penggemar bus, bentuk tiket fisik yang sudah ditukarkan ketika beli secara online tidak keren, hanya kertas biasa,” ucap Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com