Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Alberto Puig di Repsol Honda

Kompas.com - 15/05/2021, 14:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

LE MANS, KOMPAS.com - Pol Espargaro mengatakan peran Alberto Puig sangat penting buat tim. Sebagai Manager Tim Repsol Honda, Puig menjembatani keinginan pebalap dan teknisi.

Pol mengatakan, Puig punya kemampuan untuk menerjemahkan keinginan pebalap kepada teknisi, dalam hal ini para insinyur Jepang dan Honda Racing Corporation (HRC).

Baca juga: Penampakan Lampu YZF-R7 yang Bakal Meluncur

"Ini bukan tentang kelemahan dalam komunikasi antara saya dan orang Jepang," kata Pol menjelaskan, dikutip dari Crash.net, Sabtu (15/5/2021).

Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Tentu budaya Jepang sangat berbeda dengan Eropa, dan lebih sulit bagi saya untuk menjelaskan masalah saya kepada orang Jepang daripada ke Puig. Saya pikir ini lebih tentang hubungan," katanya.

Pol mengatakan, Puig mengerti keinginan pebalap karena dia juga mantan pebalap. Puig memahami perasaan pebalap saat menghadapi situasi yang kurang baik.

Di sisi lain, banyak teknisi yang sifatnya terlalu teknis. Kadang kala semua hal diukur dengan angka, padahal pebalap punya kebutuhan berbeda.

Baca juga: Mengapa Setiap Kendaraan Ketika Mau Belok Wajib Ekstra Waspada

Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit JerezDok. @hrc_motogp Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit Jerez

"Kadang orang Jepang, atau teknisi dan insinyur elektronik umumnya melihat semuanya dalam angka. Anda adalah nomor, di atas motor yang penuh dengan angka," katanya.

"Ketika saya berbicara dengan Puig semuanya menjadi lebih manusiawi. Dia memahami masalah saya di tingkat lain dan dia menerjemahkannya ke semua kru Jepang," kata Puig.

Alberto PuigFoto: gpxtra.com Alberto Puig

Pol mengatakan, teknisi Jepang atau teknisi elektronik melihat data dan mereka berkata bahwa Marc Marquez lebih cepat karena mengerem lebih lambat. Tapi para teknisi tidak bisa menjelaskan caranya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Bus High Deck

"Cara Puig menganalisis data ini mengurangi pekerjaan saya karena dia melihat data dan mencoba memahami mengapa," kata Pol.

"Misalnya Marc berakselerasi lebih baik dari saya, dan dia berkata, 'Oke Pol, baris Anda tidak sesuai'. 'Oke Pol, mungkin Anda membuka throttle sedikit lebih awal atau dia mengambilnya sedikit lebih awal," kata Pol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com