Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Risiko Pakai Kaca Spion Kecil di Sepeda Motor

Kompas.com - 15/05/2021, 12:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion merupakan komponen penting pada sepeda motor, untuk menunjang keselamatan berkendara. Namun, masih banyak pengendara yang abai dengan pentingnya kaca spion.

Banyak pengendara motor mengganti spion dengan produk aftermarket demi tampilan saja. Namun sebenarnya ada beberapa risiko dalam penggunaan spion motor dengan bentuk yang lebih kecil dari ukuran standarnya.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan kaca spion merupakan alat bantu keselamatan pada saat berkendara. Spion berfungsi untuk membantu pengendara dalam melihat keadaan sekitar terutama bagian belakang.

Kaca spion scooter bernuansa sportSetyo Adi/Otomania Kaca spion scooter bernuansa sport

"Dalam berkendara motor kita memiliki keterbatasan dalam pengelihatan, terutama pada area belakang kendaraan. Sedangkan pengendara hanya mampu melihat bagian depan kendaraan. Maka dari itu perlu adanya alat bantu yang namanya spion," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

Pada setiap kendaraan tentu saja memiliki blind spot atau area yang tidak dapat dilihat oleh pengendara secara langsung.

Saat berkendara menggunakan motor, pengendara tidak bisa melihat ke arah belakang. Maka dari itu fungsi spion diperlukan disini.

"Pada kaca spion bawaan pabrik untuk sepda motor masih memiliki blind spot, masih ada sepertiga bagian blind spot yang tidak terlihat oleh mata pengendara motor,' ucap Agus.

puluhan motor yang terparkir di ruko Darmo Park, Jl Mayjen Sungkono tergenang hingga setinggi spion motor usai hujan deras yang mengguyur, Rabu (15/1). Hujan deras yang mengguyur Surabaya sejak sore hari menimbulkan genangan air di berbagai lokasi di Surabaya. Diantaranya di Jl Mayjen Sungkono, Jl Indragiri serta Jl Dr. Soetomo. Sumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haqSumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq puluhan motor yang terparkir di ruko Darmo Park, Jl Mayjen Sungkono tergenang hingga setinggi spion motor usai hujan deras yang mengguyur, Rabu (15/1). Hujan deras yang mengguyur Surabaya sejak sore hari menimbulkan genangan air di berbagai lokasi di Surabaya. Diantaranya di Jl Mayjen Sungkono, Jl Indragiri serta Jl Dr. Soetomo. Sumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq

Tentu saja jika menggunakan spion yang lebih kecil maka area blind spot juga akan bertambah besar. Hal ini akan membahayakan bagi pengendara sepeda motor.

Baca juga: Benarkah Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Pada dasarnya keberadaan spion membantu pengendara saat akan berpindah jalur. Selain itu kaca spion juga berfungsi sebagai alat untuk melihat area sekeliling kendaraan bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com