Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Ada Penyekatan di Puncak, Selain Pelat F Kendaraan Diminta Putar Balik

Kompas.com - 15/05/2021, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih menjadi salah satu destinasi favorit warga Ibu Kota untuk berlibur. Meski begitu, ada pembatasan kendaraan yang menuju ke sana pada masa larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pranata mengatakan, salah satu penyekatan yang dilakukan adalah melarang kendaraan selain pelat F untuk melintasi kawasan puncak.

Menurutnya sampai beberapa hari ke depan, pos penyekatan arus mudik Lebaran masih akan melakukan pemeriksaan. Bagi kendaraan di luar pelat F, sudah ada ketentuan untuk diputar balik.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Sehari jelang Lebaran Idul Fitri 2021, jumlah kendaraan yang terindikasi hendak wisata terjaring penyekatan mudik di Pos Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sehari jelang Lebaran Idul Fitri 2021, jumlah kendaraan yang terindikasi hendak wisata terjaring penyekatan mudik di Pos Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).

“Sesuai ketentuan pemerintah, penyekatan arus balik lebaran tetap akan kami lakukan hingga 16 Mei 2021 mendatang,” ujar Dicky, dilansir dari NTMC Polri (14/5/2021).

“Hal ini dilakukan untuk menekan pergerakan kendaraan dari Jakarta menuju Bogor maupun sebaliknya,” kata dia.

Berdasarkan keterangannya, sampai dengan pada hari kedua libur Lebaran, arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih terpantau lengang.

Baca juga: Benarkah Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Petugas gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meningkatkan pemeriksaan kendaraan di jalur Puncak terhadap kendaraan dari luar kota, Kamis (29/4/2021).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meningkatkan pemeriksaan kendaraan di jalur Puncak terhadap kendaraan dari luar kota, Kamis (29/4/2021).

Bahkan, pihak Polres Bogor belum sempat memberlakukan sistem satu arah atau one way, yang biasanya sering diterapkan pada akhir pekan.

“Kendaraan yang melintas dari Simpang Gadog mengarah ke Puncak dari pintu tol juga cenderung masih sepi dan belum alami peningkatan,” ucap Dicky.

Ia juga mengimbau bagi pengendara dari luar Bogor yang melakukan perjalanan, agar melengkapi dengan surat negatif antigen atau sertifikat vaksin.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

Sejumlah kendaraan digiring masuk ke rest area Seger Alam Puncak, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (29/4/2021). untuk menjalani pemeriksaan terkait penyekatan di wilayah perbatasan jelang lebaran tahun ini.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan digiring masuk ke rest area Seger Alam Puncak, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (29/4/2021). untuk menjalani pemeriksaan terkait penyekatan di wilayah perbatasan jelang lebaran tahun ini.

Meski begitu, Dicky memprediksi mulai Sabtu (15/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021), bakal terjadi peningkatan arus lalu lintas di Puncak.

“Hari Minggu puncak arus balik, bersamaan berakhirnya libur nasional,” kata Dicky.
Dicky menambahkan, pihaknya akan tetap memberlakukan penyekatan guna memeriksa setiap kendaraan yang melintas di Pos Penyekatan Gadog.

Selain kendaraan pelat F, polisi juga mewajibkan wisatawan yang ke puncak harus memiliki KTP Bogor.

Sebelumnya, pada hari pertama Lebaran atau Idulfitri 1442 Hijriah kemarin, sebanyak 27.000 kendaraan terjaring di 9 pos penyekatan Kabupaten Bogor. Dari jumlah itu, 9.300 kendaraan diputar balik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com