Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Videonya Viral, Pengendara Motor Kena Seruduk di Persimpangan

Kompas.com - 05/05/2021, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Risiko kecelakaan saat berkendara bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapa saja. Oleh sebab itu, penting bagi setiap pengendara memiliki kesadaran dan pemahaman berkendara yang baik dan benar.

Salah satunya adalah terkait cara dan etika berkendara saat di persimpangan. Masih cukup sering terjadi kesalahpahaman pengendara di persimpangan, hingga akhirnya menyebabkan kecelelakaan bahkan sampai kematian.

Salah satunya seperti kejadian yang diunggah oleh akun instagram Dashcam Owners Indonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara motor yang melaju kencang ketika hendak melewati persimpangan.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Akibat Lawan Arah, Pahami Lagi Bahayanya

Bukannya memperlambat laju kendaraannya saat di persimpangan, motor tersebut malah tancap gas tanpa melihat sekitar. Mobil pikap yang melaju dari arah barat tidak dapat menghindari pengemudi motor itu. Alhasil, tabrakan pun terjadi hingga menyebabkan pengemudi motor terpental ke aspal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan, persimpangan jalan memang merupakan lokasi yang rawan kecelakaan. Sebab, merupakan titik temu kendaraan dari arah yang berbeda-beda, jadi sudah pasti berbahaya.

Kecelakaan di persimpangan bisa terjadi karena pengemudi tidak waspada. Maka dari itu, pengemudi harus mengurangi kecepatan ketika ingin melewati persimpangan. Jangan berpikir bahwa pengguna jalan lain selalu memberi jalan,” ujar Sony belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Arus Lalu Lintas di Pasar Tanah Abang Dialihkan Hingga Lebaran

Selain itu, ketika ingin melewati persimpangan, pengemudi harus memaksimalkan penglihatan agar tetap waspada dengan situasi lalu lintas yang ada di sekitar.

“Harus penuh konsentrasi, sebab walau sudah berusaha untuk tertib dan memberi jalan untuk orang lain, ada saja yang melanggar dan bisa membahayakan untuk diri sendiri,” ucap Sony.

Menurut Sony, pemahaman pengemudi yang kurang saat berada di persimpangan juga menjadi faktor lain yang menyebabkan kecelakaan.

“Ketika di persimpangan jalan atau di mana pun yang terdapat lampu lalu lintas, pengendara motor harus mengikuti rambu-rambu yang ada agar tercipta berkendara yang aman,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com