Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah CBU, CKD, dan IKD dalam Industri Otomotif

Kompas.com - 02/05/2021, 08:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Gridoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta otomotif, tentunya pernah atau bahkan sering mendengar istilah seperti CBU, CKD, maupun IKD.

Tiga singkatan tersebut merupakan istilah di dunia industri otomotif. Ketiganya bermakna metode produksi dan perakitan kendaraan bermotor yang akan dijual oleh agen distributor atau agen pemegang merk resmi di suatu negara.

Dirangkum dari beragam sumber, CBU adalah singkatan dari Completely Build Up. CBU merupakan kendaraan bermotor yang diimpor langsung dari negara asalnya dalam kondisi utuh.

Baca juga: Sering Isi BBM Eceran Bisa Berdampak Buruk pada Mesin Kendaraan?

Ketika dipasarkan, tentu harga kendaraan bermotor CBU ini akan relatif lebih mahal. Ini disebabkan adanya biaya masuk yang tinggi untuk mengimpor kendaraan secara utuh.

New Peugeot 3008 merupakan produk completely built up (CBU) yang populasinya tergolong langka di Indonesia.Kompas.com/Alsadad Rudi New Peugeot 3008 merupakan produk completely built up (CBU) yang populasinya tergolong langka di Indonesia.
Umumnya kendaraan yang merupakan CBU adalah kendaraan mewah. Contohnya seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, dan lain sebagainya.

Lalu selanjutnya ada istilah CKD yang merupakan singkatan dari Completely Knock Down. CKD sendiri berarti kendaraan bermotor yang diimpor dalam keadaan komponen yang lengkap namun belum dirakit.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas yang Harganya Stabil di Tengah Pandemi

Selanjutnya komponen-komponen tersebut akan dirakit di negara pengimpor hingga menjadi kendaraan yang utuh siap pakai.

Di Indonesia, agar memenuhi syarat CKD, untuk sepeda motor wajib memiliki empat komponen utama, yaitu mesin, rangka, roda, dan kemudi.

Ilustrasi pabrik sepeda motor.Istimewa Ilustrasi pabrik sepeda motor.

Lalu untuk kendaraan roda empat atau lebih wajib memiliki komponen utama berupa mesin, transmisi, bodi atau sasis, dan gardan.

Baca juga: Mobil Tabrak Bagian Belakang Truk, Pahami Lagi Pentingnya Jaga Jarak Aman

Terakhir adalah IKD, singkatan dari Incompletely Knock Down. IKD merupakan kendaraan bermotor yang diimpor dalam kondisi tidak utuh dan tidak lengkap.

Ini disebabkan komponen-komponen yang tidak diimpor bisa diproduksi sendiri di dalam negeri. Karena beberapa komponen merupakan produksi lokal, tentu harga kendaraan IKD bisa lebih murah.

GridOtoGridOto
 
Detected language : Lithuanian
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gridoto
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com