Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah muncul dalam Kepmenperin No 169 Tahun 2021, pada daftar mobil-mobil yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), kini beberapa diler Toyota sudah terpantau membuka inden Raize.

Toyota Raize diketahui memang menjadi salah satu mobil baru yang banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir.

Beberapa waktu lalu SUV ini pun resmi diperkenalkan, dan telah diketahui diproduksi secara lokal.

Daftar Kepmenperin menjelaskan bahwa Raize diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor dengan kandungan lokal mencapai 70 persen.

Baca juga: Komitmen Pemerintah Sediakan Bahan Bakar Standar Euro 4 Awal 2022

Konsumen yang ingin meminang Raize berhak mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen dalam tiga bulan pertama pelaksanaan aturan tersebut.

“Raize baru akan meluncur tanggal 30 April, tetapi konsumen yang tertarik bisa melakukan inden dengan cara memberi booking fee sebesar Rp 5 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Utara kepada Kompas.com belum lama ini.

“Perkiraan harganya Rp 190 juta sampai Rp 260 jutaan,” kata dia.

Toyota Raize TRDToyota Toyota Raize TRD

Bicara soal banderol, diketahui harga dasar pengenaan Pajak Kendaraan Baru (PKB) Raize berada di rentang Rp 153,3 juta sampai Rp 207,9 juta.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Avanza berada di rentang Rp 187,6 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 216,5 juta (tipe 1.3 G A/T).

Baca juga: Cara Honda Tingkatkan Kemampuan Pengendara Perempuan

Artinya, harga jual Raize diprediksi akan berada di kisaran harga yang mirip dengan Avanza. Untuk diketahui, saat ini LMPV Toyota dihargai mulai Rp 187 jutaan hingga Rp 251 juta.

Dari perbandingan tersebut, kami memprediksi harga jual Raize bakal dipatok mulai Rp 190 jutaan sampai Rp 260 jutaan.

Spesifikasi

Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Raize

Informasi tentang kembaran dari Daihatsu Rocky ini sudah banyak bocor ke ruang publik. Termasuk brosur mobil yang menampilkan detail-detail varian dan fitur Raize yang dalam hitungan jam akan di pasarkan di Tanah Air.

Dalam brosur tersebut, menampilkan semua varian Raize di Indonesia yang terdiri dari tiga varian yakni 1.2 G, 1.0 Turbo G, dan 1.0 Turbo GR Sport.

Raize bakal dibekali dengan mesin 1.200 cc baru berkode WA-VE yang memiliki konfigurasi 3-silinder dengan kapasitas 1.198 cc.

 

Kolaborasi Toyota Raize-Daihatsu Rockydok.TAM Kolaborasi Toyota Raize-Daihatsu Rocky

Di atas kertas, mesin ini mampu meghasilkan tenaga sebesar 88 ps atau setara dengan 86 tk dan torsi mencapai 112,7 Nm. Berbeda dengan Calya dan Agya yang hanya 84,7 tk.

Fitur-fitur standar yang disematkan pun terlihat sudah cukup mumpuni, mulai dari Smart Entry with Push Start Button, Power Mode Switch (CVT), Dual Airbags, ABS+EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Kamera parkir, Sensor parkir, Seatbelt warning untuk semua penumpang serta Alarm with Immobilizer.

Toyota Raize TRDToyota Toyota Raize TRD

 

Adapun untuk tipe 1.0T G, memiliki semuanya fitur di atas dengan penambahan, Black Roof / Two Tone Color Option, 17 inci Two Tone Alloy Wheel, 205/60R17 tyre size, Chrome Door Handle, Turbo Emblem, 9 inch Floating Touchscreen Head Unit dan Front Soft Pad Armrest.

Sementara untuk varian GR Sport atau tipe tertingginya akan ditambah dengan 6 Airbags, Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com