Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Kaca Tunggal Kembali Marak, Apa karena Lebih Murah

Kompas.com - 28/04/2021, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Morodadi Prima baru saja merilis satu varian terbaru dari bodi Patriot, yakni model single glass alias kaca tunggal. Model kaca tunggal saat ini memang bisa dibilang keluar dari tren, karena beberapa bus yang beredar saat ini biasanya memilih double glass atau kaca ganda.

Namun, dengan kembali hadirnya model single glass ini membuat dunia bus besar semakin ramai. Walau dibilang ketinggalan zaman, model bus kaca tunggal juga masih banyak yang menyukainya, terutama penumpang yang gemar melihat jalan ke depan saat naik bus.

Jika memesan bus di Morodadi Prima, customer diberi pilihan ingin model single glass atau double glass. Lalu, dengan pilihan tersebut, apakah biaya membuat bodi single glass lebih murah dibanding double glass?

Baca juga: Harga Mobil Murah Bekas Jelang Lebaran, Mulai Rp 60 Jutaan

Bus AKAP PO ANSMorodadi Prima Bus AKAP PO ANS

Marketing Karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, bodi bus kaca tunggal memang lebih murah. Namun, terpaut perbedaannya tidak terlalu besar dengan model kaca ganda.

Lebih murah sedikit single glass. Karena untuk bagian interior tidak ada perbedaan dengan yang varian double glass,” ucap Donny kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain karoseri Morodadi Prima, ada juga karoseri Laksana dan Tentrem yang belum lama ini merilis varian single glass. Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto juga mengatakan, pembuatan bodi single glass memang lebih murah.

Baca juga: Dipakai Kakorlantas Polri, Renault Twizy Jadi Mobil Polisi?

Bus Sumber Alaminstagram/laksanabus Bus Sumber Alam

“Karena faktor produksi kacanya, membuat bodi bus double glass lebih mahal sedikit,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Model bus double glass menggunakan dua kaca di depan, untuk bagian atas dan bawah. Sedangkan single glass, hanya menggunakan satu kaca berukuran besar. Memang ada kelebihan tersendiri dari masing-masing model.

Single glass sangat nyaman untuk penumpang yang senang melihat jalan ke depan. Hal ini dikarenakan pandangan ke depan yang tidak terhalang sekat. Namun, jika kaca depan retak, biaya perbaikannya bisa lebih mahal karena harus mengganti semuanya.

Sedangkan untuk double glass, biaya perbaikan kaca yang retak bisa lebih murah. Sebab, jika kaca bawah saja yang retak, tidak perlu ikut mengganti kaca atas yang kondisinya masih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com