Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Diskon Mobil Murah Tembus Rp 9 Juta

Kompas.com - 26/04/2021, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2021, potongan harga untuk mobil low cost green car (LCGC) yang ditawarkan oleh sejumlah diler masih cukup normal.

Salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Pusat mengatakan, diskon Toyota Agya masih berada di angka Rp 5 jutaan. Namun diskon tersebut bisa lebih besar jika konsumen serius untuk membeli unitnya.

“Sejak awal tahun diskon Agya memang tidak berubah Rp 5 juta saja. Tapi kalau memang berniat serius, bisa kita tambah (diskonnya),” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Jelang Lebaran, Berburu Mobil Harga Rp 20 Jutaan di Surabaya

Jika ingin mendapat diskon yang lebih besar lagi, Anda bisa melirik koleksi LCGC dari pabrikan Daihatsu.

“Untuk potongan harga Daihatsu Ayla Rp 9 juta. Misal konsumen ingin mengambil Ayla tipe terendah harganya Rp 103 juta, kemudian dikurangi Rp 9 juta, jadi hanya berkisar Rp 94 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Daihatsu di Jakarta Utara.

Ilustrasi  All New Honda Brio SatyaDok. GridOto Ilustrasi All New Honda Brio Satya

Berbeda dengan Toyota dan Daihatsu yang tetap memberi potongan harga akhir tahun menjelang lebaran. Pabrikan Honda justru tidak memberi diskon untuk segmen LCGC-nya.

“Karena Brio sudah dapat Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), otomatis harganya jadi jauh lebih murah. Jadi tidak ada diskon lagi,” ujar salah satu pramuniaga Honda di Jakarta Utara.

Baca juga: Moeldoko Resmikan Perkumpulan Kendaraan Listrik Indonesia

Sebagai informasi, model LCGC memang tidak mendapat insentif PPnBM. Alasnnya, dalam PP No 41 tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM, LCGC sudah menikmati pengenaan pajak PPnBM sebesar 0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com