Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemotor Tertabrak Mobil Saat Belok, Ingat Lagi Teknik yang Benar

Kompas.com - 20/04/2021, 04:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor tertabrak mobil yang sedang melaju dan tidak bisa menghindar.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4 tersebut, terlihat pengendara wanita terlihat kagok saat akan belok dari sisi kiri dalam ke arah kanan.

Baca juga: Deretan Motor Listrik di IIMS Hybrid 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Awalnya pengendara tersebut sudah hampir tertabrak oleh pemotor lain tapi masih bisa dihindari. Tapi kemudian pengendara itu belok dengan cepat dan tertabrak mobil.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani, mengatakan, meski terkesan remeh tapi tak sedikit pemotor yang kurang awas saat akan belok sehingga bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Agus mengatakan, trik dasar saat ingin belok seperti melihat spion, menoleh, dan mengecek kondisi belakang serta kanan-kiri, bukan hal yang bisa disepelekan.

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.Istimewa Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.

Sebab banyak orang yang langsung belok sehingga menggunting jalur orang lain. Hal ini tentu berbahaya karena bisa celaka.

Selain itu yang tak kalah penting ialah menyalakan lampu sein. Pasalnya, lampu sein merupakan alat komunikasi kendaraan dan penanda untuk belok.

Baca juga: Selesaikan MotoGP Portugal, Marc Marquez Siap Tancap Gas di Jerez

“Lampu sein hanya sebagai isyarat saja, namun yang paling penting adalah dengan melihat langsung sekitar kita saat ingin belok, untuk memastikan manuver aman untuk dilakukan,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu bidang lahan di Jalan Fatmawati kawasan Haji Nawi yang belum dibebaskan untuk pembangunan stasiun MRT. Masih adanya bidang lahan yang belum dibebaskan menyebabkan adanya tikungan karena jalan sementara tidak bisa dibuat lurus.Alsadad Rudi Salah satu bidang lahan di Jalan Fatmawati kawasan Haji Nawi yang belum dibebaskan untuk pembangunan stasiun MRT. Masih adanya bidang lahan yang belum dibebaskan menyebabkan adanya tikungan karena jalan sementara tidak bisa dibuat lurus.

Terakhir ialah jangan memaksa untuk belok jika kondisinya belum memungkinkan. Sebab tak jarang ada pengendara motor yang memaksa belok meski ada kendaraan di sampingnya.

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com