Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Anubis Cruisercross Bisa Jadi Cadangan Listrik untuk Rumah

Kompas.com - 13/04/2021, 15:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Anubis Cruisercross buatan Baran Energy bukan hanya bertenaga. Tapi, baterai yang digunakan juga memiliki kapasitas yang besar.

Baran Energy, perusahaan pembuatan baterai listrik, mengklaim motor listrik buatannya bisa dijadikan cadangan listrik. Dengan kapasitas baterainya, mampu menyuplai daya untuk 3 rumah, selama 3 hari 3 malam.

Baca juga: Anubis Meluncur, Motor Listrik Lokal Bergaya Naked Adventure

"Baran Energy itu membuat produk namanya Baran Powerhome yang digunakan untuk rumah. Kapasitasnya 8 kWh atau 8.000 watt per jam. Baterai itu disematkan di Anubis, kapasitasnya tetap sama, yaitu 8 kWh. Jadi, misalnya rumah kita mati lampu, bisa dihidupkan dengan motor ini," ujar Victor Wirawan, CEO Baran Energy, di sela-sela peluncuran Anubis Cruisercross, di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (12/4/21).

Anubis Cruisercross, motor listrik buatan Baran Energy bergaya adventureKompas.com/Donny Anubis Cruisercross, motor listrik buatan Baran Energy bergaya adventure

Untuk spesifikasi baterainya, memiliki nominal capacity 8,3 kWh, on board charger 1,3 kW, sehingga dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 6,6 jam.

Dalam kondisi baterai penuh, Anubis mampu menempuh jarak hingga 167 km.

"Unik kan? Jadi, kita bikin sesuatu yang ditransfer energinya. Menurut pengetesan kami, tiga rumah dengan kapasitas listrik 450 watt, dihidupkan dengan Anubis, bisa untuk 3 hari 3 malam. Jadi, sesuai juga dengan visi dan misi kita," kata Victor.

Baca juga: Bikin Vespa 2-tak Jadi Motor Listrik Jadi Lebih Mudah Sekarang

Motor listrik bergaya naked adventure ini dibanderol Rp 300 juta (off the road). Untuk awal, Baran Energy hanya akan membuatnya sebanyak 50 unit.

"Untuk yang 50 unit ini, delivery-nya akan start di Januari 2022. Kita akan buka pre-order di webiste kita melalui transfer ke bank, itu booking fee-nya Rp 10 juta. Tapi, kalau pakai My-T Wallet di Tokoin, itu booking fee-nya Rp 5 juta, jadi ada diskon spesial," ujar Victor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com