Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Eros Djarot Tertimpa Pohon, Ingat Wajib Waspada Saat Berkendara

Kompas.com - 12/04/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi secara tiba-tiba di beberapa sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa saja menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Seperti peristiwa yang baru saja terjadi, mobil yang ditumpangi seniman Eros Djarot tertimpa pohon besar ketika dirinya sedang dalam perjalanan pulang dari ziarah di pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Tol Saat Hujan Deras

Pohon yang berada di pinggir jalan tumbang bertepatan saat mobil yang ditumpangi Eros Djarot bersama keluarganya lewat. Kejadian itu diungkap Eros Djarot melalui unggahan di akun media sosial pribadinya.

Dalam unggahan tersebut memperlihatkan gambar depan mobilnya yang tampak rusak akibat tertimpa pohon.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erros Djarot (@erros_djarot)

Terkait hal ini, menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam tersebut.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri mengatakan, kondisi tersebut berlaku baik bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pengendara motor, namun bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya.  

Apalagi, menurut Jusri, bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik, atau billboard yang terpasang di pinggir jalan.

Baca juga: Hindari Kecelakaan Bus Saat Hujan, Pengemudi Wajib Punya Mental

Baliho di Jalan Affandi, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman yang roboh akibat hujan deras disertai angin kencang.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Baliho di Jalan Affandi, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman yang roboh akibat hujan deras disertai angin kencang.

Namun, bila kondisi terjadi ketika di tengah perjalanan dan disertai angin kencang, bagi pengendara mobil dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan. Tidak hanya pada sisi depan, samping dan belakang, namun juga ancaman dari atas.

“Bicara soal objek yang jatuh itu ada banyak, bukan pohon saja. Saat kita memutuskan untuk tetap berjalan dan terkena objek yang jatuh risikonya akan semakin besar, karena benturan terjadi pada dua sisi, bisa saja membuat kerusakan lebih parah,” kata Jusri.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Gempa Ketika Sedang Berkendara Sepeda Motor

Meski demikian, Jusri mengingatkan, bahwa mewaspadai bahaya dari atas sebenarnya bukan hanya saat musim hujan saja, tapi setiap hari.

“Maka dari itu, pengendara dituntut untuk selalu berhati-hati saat akan atau sedang berkendara,” ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com