Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladies, Jangan Dandan Saat Berkendara, Jadi Pemicu Kecelakaan

Kompas.com - 04/04/2021, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengemudi wanita yang memilih merias wajah saat berada di dalam mobil. Alasannya pun beragam, salah satunya adalah mengejar waktu.

Lebih parahnya lagi, kerap kali mereka melakukan sembari menyetir yang akhirnya membuat konsentrasinya terbagi dan tidak fokus.

Tentutan penampilan di dunia kerja boleh saja dianggap sebagai prioritas, tetapi jangan sampai mengabaikan keselamatan saat berkendara.

Baca juga: Federal Oil Gresini Moto2 Hadapi Balapan Sengit di Moto2 Doha

Kalau hanya karena menggambar alis malah menyebabkan nyawa melayang, rasanya tidak sebanding sama sekali.

Dilansir dari genius beauty, Minggu (4/4/2021), sejumlah 450.000 kecelakaan per tahun di Inggris disebabkan oleh pengendara wanita yang dengan sengaja lalai mengemudikan mobil sembari merias wajah.

Fakta lain yang menyedihkan adalah pengendara wanita ini, mengaku terlampau sibuk mempersiapkan kebutuhan keluarga dipagi hari, sehingga mereka terpaksa berdandan di dalam mobil.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

Survei yang melibatkan lebih kurang dari 1000 partisipasi wanita ini, menyimpulkan bahwa hanya 14 persen saja yang mengaku bahwa kebiasaan dandan sembari menyetir ini sama sekali tidak mengganggu konsentrasi mereka.

Sisanya mengaku pernah mengalami kecelakaan, ringan dan berat, karena fokus terpecah waktunya memoleskan lipstik atau bedak saat sedang mengemudikan mobil.

Baca juga: Cuma Bawa STNK Fotokopian Apakah Bisa Lolos Tilang?

Debra Robson, Make Up Specialist sekaligus penggagas kegiatan poling mengatakan, para pengendara wanita menyadari risiko dari kebiasaan mengaplikasikan make-up di belakang kemudi, namun tetap saja sulit menghentikannya.

“Lagi-lagi, alasan umum melatari kebiasaan buruk mematikan ini adalah padatnya aktivitas harian, yang membuat mereka harus melakukan berbagai hal dengan cara terburu-buru,” kata Debra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com