Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Pengemudi Acungkan Pistol di Jalan, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 04/04/2021, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pengendara Toyota Fortuner yang berlagak koboi dengan memamerkan pistol saat mengemudi beberapa waktu, viral di media sosial.

Diketahui, dirinya dihentikan oleh pengguna jalan lain karena diduga menabrak pengemudi motor saat melintas di kawasan BKT Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2021).

Bukan turun untuk melihat dan memberi pertanggungjawaban atas kondisi yang ditabrak, pengemudi mobil tersebut justru malah meluapkan emosinya sambil memegang pistol dan mengarahkan ke pengendara di sekelilingnya.

Baca juga: Ulik Desain Royal Enfield Meteor 350

Mengingat kasus seperti ini bukan kali pertama terjadi, sudah seharusnya pengguna jalan lain menjadikannya sebagai pembelajaran.

Training Director Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan, ketika mengalami kejadian seperti itu prinsipnya harus segera laporkan dengan disertai bukti-bukti, bisa berupa saksi mata maupun video atau foto.

Ilustrasi perkelahian di jalanIstimewa Ilustrasi perkelahian di jalan

“Tapi sebelumnya, ketika terlibat kecelakaan ataupun konflik dengan pengendara yang membawa senjata, sebaiknya menyingkir dan menjauh,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Menurut Sony, tidak mungkin orang yang berbuat baik membawa senjata, pasti ada niatan untuk melukai dan melumpuhkan.

“Jangan dilawan, karena semakin dilawan yang bersangkutan semakin beringas atau diatas angin. Jadi biarkan hukum nanti yang menindak. Kerusakan properti atau kendaraan bisa diganti tapi kerugian akibat melawan bisa berujung nyawa melayang,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com