Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dapat Diskon Pajak, Intip Harga Bekas Toyota Fortuner

Kompas.com - 04/04/2021, 08:24 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah secara resmi telah memperluas aturan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil dengan kapasitas mesin 1.500-2.500 cc.

Diskon pajak diberikan dengan syarat local purchase paling sedikit 60 persen. Diskon diberikan untuk segmen kendaraan 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Dengan begitu, mobil yang memiliki kriteria tersebut seperti Toyota Innova dan Fortuner bisa mendapatkan diskon PPnBM mulai April ini.

Baca juga: Ini Daftar Harga City Hatchback RS di Surabaya

Namun perlu dicatat untuk Fortuner yang mendapat relaksasi pajak hanya yang berkubikasi mesin kurang dari atau sama dengan 2.500 cc.

Sedangkan untuk tipe Fortuner dengan kubikasi mesin 2.700 cc tidak mendapat relaksasi pajak.

Dengan adanya aturan tersebut, diprediksi akan menjadi bola panas pada segmen mobil bekas.

Sebab, otomatis akan memberikan dampak pada penurunan harga seperti yang terjadi pada mobil bekas 1.500 cc yang sudah lebih dulu mendapat relaksasi tersebut.

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

“Untuk saat ini harga bekas Innova dan Fortuner masih stabil, tapi setelah diberlakukannya PPnBM diprediksi bisa lebih turun dibandingkan yang 1.500 cc. Penurunan harganya bisa Rp 10 juta sampai Rp 25 jutaan,” ujar salah satu pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua Joni Gunawan kepada Kompas.com (3/4/2021).

Joni mengatakan, pasar mobil bekas ikut menyesuaikan harga jual terkait insentif yang diberikan pemerintah.

Sehingga jika harga mobil turun, maka harga bekasnya juga ikut lebih murah. Namun, hal itu hanya terjadi pada mobil bekas usia muda, yang memiliki spesifikasi mirip dengan mobil keluaran baru.

Baca juga: Harga Toyota Fortuner di Makassar Turun 36 Jutaan Setelah Dapat Diskon PPnBM

Bagi Anda yang berminat meminang mobil bekas Toyota Fortuner, berikut ini kisaran harganya berdasarkan situs jual beli online:

Fortuner 2011 Rp 197 juta
Fortuner 2012 Rp 210 juta
Fortuner 2013 Rp 249 juta
Fortuner 2014 Rp 270 juta
Fortuner 2016 Rp 365 juta
Fortuner 2017 Rp 375 juta
Fortuner 2018 Rp 430 juta
Fortuner 2019 Rp 475 juta

Perlu diingat, kisaran harga tersebut bisa berubah sewatktu-waktu tergantung kondisi mobil dan kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com