Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluasan Diskon PPnBM Tak Serta-merta Tingkatkan Pengajuan Kredit

Kompas.com - 03/04/2021, 15:52 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 1 April 2021, pemerintah resmi meluaskan program relaksasi melalui diskon PPnBM yang berlaku bagi mobil tertentu hingga 2.500 cc.

Hal ini dilakukan sebagai stimulus mendongkrak penjualan mobil sekaligus industri otomotif yang lesu akibat Covid-19. Melalui perluasan tersebut, kini secara total ada 29 mobil baru yang turun harga setelah PPnBM dipangkas.

Namun demikian, sebelumnya Chief Marketing & Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok mengatakan, pemberian insentif bagi mobil 1.501 cc hingga 2.500 cc, secara potensi tidak akan langsung mendongkrak pengajuan kredit seagresif mobil di bawah 1.500 cc.

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM, Harga Honda CR-V Turun sampai Rp 36 Jutaan

"Pemberian diskon pajak ini cukup baik sebagai stimulus, tapi kalau dibandingkan dengan mobil di bawah 1.500 cc, secara kenaikan pengajuan kredit untuk mobil sampai 2.500 cc itu tidak akan signifikan," ucap pria yang akrab disap Ahok itu kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harianKompas.com / Setyo Adi Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

Menurut Ahok, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kenapa penjualan mobil di atas 1.501 cc tidak setinggi dengan di bawahnya. Paling utama soal harga dan kemampuan daya beli konsumen.

Walau sudah ada potongan harga sampai puluhan juta berkat diskon PPnBM, sebagai mobil menengah ke atas, tentu penurunannya tidak akan terlalu terasa.

Oleh sebab itu, Ahok menilai walau nantinya membuat pengajuan kredit bisa bertambah, secara jumlah tetap akan di bawah Xenia dan Avanza.

Baca juga: Resmi, Ini Aturan Diskon PPnBM Mobil 1.500 cc - 2.500 cc

"Kalau disamakan dengan penurunan untuk mobil seperti Terios, Avanza, Rush, dan Xenia, itu kan tidak terlalu terlihat besar, jadi kecendrungannya tetap mobil-mobil di segmen itu (1.500 cc ke bawah) yang akan tinggi, baik penjualan dan pengajuan kreditnya," ujar Ahok.

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

"Perlu diingat juga bila kondisi secara ekonomi belum terlalu stabil, pastinya ada beberapa orang juga berpikir untuk membeli mobil baru, apalagi untuk segmen menengah ke atas," kata dia.

Seperti diketahui, adanya perluasan insentif PPnBM yang berlaku bagi mobil berpenggerak 4x2 atau 4x4, maka mulai dari Innova, Fortuner, CR-V (semua varian), HR-V 1.8L, sampai City Hatchback, kini resmi turun harga dengan kisaran yang bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com