Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Daftarkan Lebih Banyak Model YZF, YZF-R9 juga Muncul

Kompas.com - 01/04/2021, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di awal Maret 2021, Yamaha dikabarkan sedang menyiapkan YZF-R7. Belum lama ini, Yamaha juga disebutkan mematenkan banyak model lainnya dari keluarga YZF.

YZF-R7 disebutkan akan menggunakan basis yang sama dengan MT-07, yakni mesin crossplane (CP2) 2-silinder dengan kapasitas 689 cc.

Baca juga: Yamaha Siapkan Motor Baru YZF-R7 Pengganti YZF-R6

Atas dasar tersebut, Yamaha juga dikabarkan akan mengeluarkan YZF-R9 yang mengambil basis mesin dari MT-09, yakni CP3 3-silinder berkapasitas 890 cc.

Warna baru Yamaha YZF-R25 2021Foto: Bikesrepublic Warna baru Yamaha YZF-R25 2021

Dikutip dari Motorcycle.com, Kamis (1/4/2021), Yamaha sudah mendaftarkan merek dagang dengan berbagai macam seri YZF, seperti R15, R20, R25, R2, R4, R5, R8, R7, dan R9.

Perlu diketahui, merek dagang tersebut bukan berarti semuanya harus diproduksi. Langkah tersebut dilakukan agar tidak ada pabrikan lain yang menggunakan nama yang sama. Namun, tetap ada kemungkinan Yamaha akan memproduksi beberapa merek dagang yang sudah didaftarkan, seperti R7 dan R9.

Baca juga: Yamaha R6 Disuntik Mati, YZF-R7 Siap Lahir Tahun ini?

Secara teori, mesin untuk R7 dan R9 sudah siap. Bahkan, R7 sudah disertifikasi. Dengan begitu, kedua motor tersebut yang paling masuk akal untuk diproduksi.

Yamaha diyakini juga akan mengikuti jejak rivalnya, Honda, yang bermain di kelas 500 cc dengan CBR500R. Jadi, ada kemungkinan juga YZF-R5 akan hadir di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com