Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johann Zarco Pecahkan Rekor Tembus 360 kpj, Rossi Sebut Luar Biasa

Kompas.com - 28/03/2021, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Ducati Johann Zarco memecahkan rekor kecepatan tertinggi saat latihan bebas atau FP4, jelang seri pembuka MotoGP Qatar 2021.

Pebalap asal Prancis itu membukukan kecepatan 225,1 mil per jam atau sekitar 362,4 kpj. Merupakan rekor kecepatan baru di ajang MotoGP.

Baca juga: Jadwal Tayang MotoGP 2021, Balapan Jam 12 Malam

 

Capaian Zarco membuktikan bahwa kecepatan motor MotoGP memang bukan main-main. Sebab rata-rata kecepatan motor MotoGP ialah 330 kpj tapi ini tembus 360 kpj.

Pebalap tim pabrikan Ducati, Fancesco Bagnaia, yang meraih pole position di balapan Qatar 2021, mengatakan meski kencang tapi bukan berarti lebih bahaya.

"Saya tidak berpikir itu lebih berbahaya, karena kami duduk di atas motor yang futuristik dan semua yang kami miliki adalah yang terbaik," katanya mengutip Crash.net, Minggu (28/3/2021).

Francesco BagnaiaFoto: Twitter Francesco Bagnaia Francesco Bagnaia

Pecco panggilannya mengatakan, jika di Qatar saja sudah bisa tembus 360 kpj maka dia bertanya-tanya apa yang bisa terjadi di sirkuit lain yaitu Mugello.

"Jika kita menyentuh 360 kpj di sini maka sulit untuk memikirkan Mugello dan San Donato di 360 kpj," katanya.

Pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales, mengatakan, motor MotoGP modern bisa sekencang itu juga dibantu kualitas ban yang baik.

Baca juga: Lorenzo Bikin Program Youtube, Prediksi Jack Miller Menang di Qatar

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Saya pikir sekarang kami juga memiliki ban yang bagus, dengan ban Michelin, jadi saya pikir lebih aman. Seperti yang dikatakan Pecco, kita akan lihat di Mugello," katanya.

"Jika kami bisa secepat ini di Qatar, maka di Mugello saya tidak tahu apa yang mungkin, tapi bagaimanapun saya pikir semuanya aman dan treknya lebar dan seperti yang saya sebutkan bannya bekerja dengan baik," katanya.

Sedikit berbeda dengan para rekannya, Valentino Rossi mengatakan, Zarco bisa menyentuh angka 360 kpj karena gaya berkendara dan motornya sama-sama mendukung.

Baca juga: Ngeri, Ular Bersarang di Bodi Skutik, Bagaimana Mencegahnya?

Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021Gareth Harford Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021

"Saya pikir tahun ini kombinasi Zarco dan Ducati, rekor kecepatan akan dipecahkan karena Ducati sangat mengesankan dan Zarco sangat bagus untuk tetap berada di cowling di lintasan lurus," kata Rossi.

"Tentang bahayanya, bagi saya setelah 330 kpj sangat berbahaya. Jadi 330 kpj atau 360 kpj sudah merupakan angka yang luar biasa!," katanya.

"Saya pikir semua penggemar motorsport sangat senang dengan angka-angka ini, karena itu mengesankan, tetapi yang pasti kecepatan ini berbahaya," kata The Doctor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com