Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Honda Gyro e Meluncur, Harga Rp 70 Jutaan

Kompas.com - 22/03/2021, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun riset, akhirnya Honda menyentuh pasar sepeda motor listrik. Pabrikan motor terbesar di dunia ini, baru saja meluncurkann skuter listrik, Gyro e.

Pertama kali Gyro diluncurkan pada 1982 menyasar pada segmen kendaraan niaga. Skuter matik (skutik) ini diciptakan memang untuk kebutuhan bisnis komersial dan layanan antar.

Baca juga: Mengulik Fitur Skuter Listrik Gesits dan United T1800

Untuk memenuhi segala kebutuhan, Gyro dihadirkan dengan beberapa varian, yakni Gyro Up, Gyro X, dan Gyro Canopy. Semuanya menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 50 cc.

Honda Gyro eDok. Honda Honda Gyro e

Lalu, baru mulai 2008 Honda menggantinya dengan mesin 4-tak. Pada 2008, Gyro Up harus disuntik mati. Tapi, varian lain tetap diproduksi hingga sekarang.

Dikutip dari Rideapart.com, Senin (22/3/2021), Honda menambah satu varian lagi dengan menghadirkan versi elektriknya, yakni Gyro e.

Baca juga: Perbandingan Performa Skuter Listrik Gesits dan United T1800

Desainnya mirip dengan versi mesin konvensionalnya, Gyro e juga menggunakan konfigurasi tiga roda dengan dua roda berada di bak belakang.

Di bagian depan, lampu utamanya ditempatkan tepat di atas sepatbor. Desain ini agar pemilik yang berminat bisa membeli aksesori berupa keranjang depan.

Honda Gyro eDok. Honda Honda Gyro e

Soal baterai, Honda juga sudah menggunakan teknologi Mobile Power Pack. Artinya, sistem baterai yang digunakan model swap dan ditempatkan di bawah tempat duduk.

Baca juga: Hitung Jarak Tempuh Skuter Listrik Gesits dan United T1800

Sepasang baterainya bisa menghasilkan 96 V dan mampu membuat Gyro e ini bisa menempuh jarak hingga 72,4 km dengan kecepatan maksimal di 30,5 km/jam.

Waktu pengecasannya hanya butuh empat jam dari kondisi kosong hingga penuh. Selain baterai, bagian motornya juga disebut mudah dilepas untuk diperbaiki. Motor listrik yang digunakan Gyro e mampu menghasilkan tenaga setara dengan 4,3 tk dan torsi hingga 13 Nm.

Honda Gyro eDok. Honda Honda Gyro e

Fitur-fiturnya cukup menarik, seperti sistem pencahayaan LED, panel meter full digital, rem parkir, power socket, tombol untuk mundur, dan lainnya.

Honda Gyro e yang dirilis di Jepang ini dibanderol 550.000 yen atau sekitar Rp 72,5 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com