Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Fitur Kekinian di Wuling Almaz RS

Kompas.com - 19/03/2021, 06:38 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors dalam waktu dekat ini akan merilis model baru, yakni Almaz RS. Sebelum dipasarkan resmi, merek otomotif asal China itu mengajak sejumlah awak media otomotif nasional untuk mencoba langsung mobil itu di salah satu tempat di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Almaz RS memiliki banyak fitur yang tergolong kekinian, dan tentunya untuk memudahkan pengemudi ketika di perjalanan.

Rekan media termasuk redaksi KOMPAS.com diajak untuk mencoba beberapa fasilitas ADAS yang terdapat di WISE.

Fitir kekinian itu terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Baca juga: Ini yang Baru pada New Wuling Confero S

Menjajal fitur tersebut dilakukan di jalan tertutup sehingga aman untuk melakukan eksplorasi. Sebagai contoh, mencoba Adaptive Cruise Control (ACC) dengan mengatur kecepatan sampai 35 kpj.

Wuling Almaz RSdok.Wuling Motors Wuling Almaz RS

Selama fitur tersebut aktif, mobil bisa melaju tanpa harus menginjak pedal gas, dan bisa mengerem sendiri menyesuaikan dengan kondisi mobil yang ada di depan. Jarak antar mobil pun bisa diatur seberapa jauh sehingga tetap aman ketika dikemudikan.

Fitur lain pun demikian, paling berguna untuk di jalanan macet, yakni adanya Traffic Jam Assistance (TJA). Ketika fitur ACC diaktifkan, maka jika kondisi jalan macet, pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem dan gas.

Mobil akan melaju dan berhenti sesuai dengan tingkat kemacetan. Tetapi, apabila berhenti lebih dari 5 detik, untuk memulai perjalanan, pengemudi harus kembali menginjak pedal gas sekali saja dan mobil otomatis berjalan lagi.

Baca juga: Pasaran Harga Wuling Seken di Jawa Tengah, Ada yang di Bawah Rp 100 Juta

Selain itu, rekan media juga berkesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai fitur-fitur pada Internet of Vehicle (IoV) seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat dioperasikan melalui smartphone.

Ada juga beberapa fungsi IoV tersedia melalui Head Unit mulai dari Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App.

Wuling Almaz RSdok.Wuling Motors Wuling Almaz RS

"SUV ini telah dilengkapi dengan terobosan terkini sebagai perwujudan komitmen Wuling dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan menyajikan kemudahan dalam berkendara,” ucap Yin Yi, Brand and Marketing Director Wuling Motors di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Ekterior & Interior

Interior Wuling Almaz RSKOMPAS.com - Aditya Maulana Interior Wuling Almaz RS

SUV Wuling ini didukung oleh beragam sentuhan berbeda, yakni integrated future eyes LED dan dynamic tail design pada bagian bumper.

Beralih ke bagian interior, Almaz RS juga dibekali dengan desain interior yang modern dengan fitur wireless charging pad, built in air ionizer, pembaharuan pada tampilan head unit, serta beberapa tombol tambahan pada lingkar kemudi yang membantu pengguna untuk mengaktifkan berbagai fitur tanpa menggangu fokus berkendara.

Perihal fitur pendukung lainnya, Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH).

Selanjutnya tersedia juga Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com