Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sajian Premium dari Dalam Kabin Mobil Termurah BMW

Kompas.com - 15/03/2021, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran BMW X1 sDrive 18i di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta sport utility vehicle (SUV). Sebab, kendaraan gagah yang kompak ini memiliki fitur lengkap tapi lebih murah dari seri sebelumnya.

BMW Group Indonesia membanderol mobil berstatus facelift tersebut sebesar Rp 699.000.000 off the road, lebih murah sekitar 40 jutaan dari model lawas yang meluncur pada 2019 lalu.

Meski demikian, BMW X1 tetap hadir dengan nuansa premium, tidak mengecewakan untuk menjadi kendaraan utama atau harian.

Bahkan, kenyamanan dan fitur yang ada sangat membantu kala berkendara.

Baca juga: Uji BMW X3 di Jalur Berkelok-kelok Menuju Trenggalek

BMW X1KOMPAS.com/Ruly BMW X1

Hal tersebut terbukti dari tatanan interior yang bernuansa gelap dengan aksen alumunium dan lampu iluminasi tiga warga, disertai garis jahitan tipis merah di beberapa titiknya.

Kemudian konfigurasi pengaturan radio, AC, serta tempat penyimpanan dibuat menumpuk di tengah, sejajar dengan layar hiburan 8,8 inci dan tuas transmisi.

Sehingga, pengemudi sangat mudah dalam mengoperasikannya. Apalagi desain dasbor yang digunakan X1 masih driver oriented atau mengarah ke pengemudi.

Selama melakukan pengujian, kami tidak mendapatkan kesulitan untuk memanfaatkan beberapa fitur yang ada di mobil.

Hanya lewat jari-jemari, semua yang diinginkan bisa digapai mudah termasuk ketika ingin memanfaatkan fungsi cruise control.

Baca juga: Pengemudi Wanita, Lebih Baik Belajar Mobil Matik atau Manual?

Akomodasi BMW X1KOMPAS.com/Ruly Akomodasi BMW X1

Kemudian, seluruh kursi pada X1 telah dibungkus material kulit sintetis Sensatec. Dari paket itu pula pengumpang area depan dapat menikmati pengaturan bangku elektris.

Sementara di belakang bisa mendapatkan posisi ideal (sudut rebahan dan pergeseran) secara manual dengan tiga level (40:20:40) serta bisa digeser ke depan hingga 13 cm.

Adapun kapasitas bagasi mobil, mencapai 505 liter saat kursi dipakai. Tapi ketika kursi bagian tengah dilipat, bisa naik hingga 1.550 liter, cukup untuk sebuah tas golf berukuran sedang dan satu tas olahraga.

Tak terasa menikmati sisi premium pada BMW X1, hari sudah menjelang malam. Tim pun memutuskan untuk melakukan perjalanan pulang tetapi di tengah perjalanan hujan lebat turun.

Baca juga: [VIDEO] Cerita Modifikasi BMW M2 The Beast yang Mendunia

BMW X1 sDrive18i jadi model termurah BMW di Indonesia. Model ini juga menjadi varian terendah dari SUV X1 BMW X1 sDrive18i jadi model termurah BMW di Indonesia. Model ini juga menjadi varian terendah dari SUV X1

Sontak, wiper langsung membilas titik-titik air secara otomatis agar pandangan pengemudi tidak kabur. Semakin deras hujannya, kekuatan wiper dalam membilas semakin kencang pula.

Saat menuju parkiran untuk beristirahat sejenak, pengemudi juga bakal diberikan kemudahan lewat Parking Assistant dan Rear-view Camera yang memungkinkan parkir paralel bisa secara otomatis.

Tapi pengemudi harus tetap berjaga untuk mengontrol mobil agar tetap aman dan nyaman.

Namun disayangkan, SUV ini tidak terdapat banyak USB port charging. Jadi, pengemudi maupun penumpang harus membawa socket penyambung supaya bisa mengisi daya ponsel saat di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com