Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia dan Perusahaan Pemasok Lokal Beri Bantuan ke PMI

Kompas.com - 03/03/2021, 17:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama perusahaan pemasok lokal atau supply chain melakukan bantuan berupa donasi ke PMI untuk penanganan bencana alam di dalam negeri.

Pasalnya, mengawali tahun 2021 Indonesia terus menghadapi rentetan bencana alam di berbagai wilayah seperti gempa bumi, banjir besar, dan tanah longsor.

Di samping itu, pandemi virus corona alias Covid-19 masih berlangsung sehingga menekan banyak aspek pada masyarakat luas. Sehingga, perlu adanya dorongan serta bantuan agar dampak yang dihasilkan tidak berlarut.

Baca juga: Insentif Pajak 0 Persen Hanya Berlaku pada Mobil Toyota Produksi 2021

Donasi oleh TMMIN kepada PMI, Rabu (3/3/2021). Donasi oleh TMMIN kepada PMI, Rabu (3/3/2021).

Adapun bantuan donasi yang menjadi satu-kesatuan dalam aktivitas kepedulian perseroan atau corporate social responsibility (CSR) tersebut berjumlah Rp 1,25 miliar. Bantuan akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat luas.

Bantuan diserahkan Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla secara virtual di lokasi masing-masing, sesuai standar protokol kesehatan.

“Kami menyampaikan simpati mendalam kepada masyarakat yang jadi korban bencana alam di berbagai wilayah Indonesia," kata Warih dalam keterangan resmi, Rabu (3/3/2021).

"Kami pun sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PMI, dan semua pihak yang bekerja keras membantu upaya penanggulangan bencana di daerah dalam kondisi pandemi saat ini," lanjut dia.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak 0 Persen, Ini Harga Mobil Toyota Versi Auto2000

Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.Reuters/ Yuya Shino Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.

Di saat bersamaan, PT TMMIN juga melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dengan PMI tentang “Dukungan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Manajemen Aset.“

Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepaham ini yaitu berisi tentang Program Pelatihan Training for Trainer mengenai Budaya Kerja, Kaizen, dan Plan Do Check Action (PDCA).

Serta, Pengembangan Manajemen Aset yang meliputi Database Aset Terintegrasi serta Modifikasi Sistem Aset.

Sebelumnya, pada Januari lalu PT Toyota Astra Motor bersama diler dan local stakeholders juga sudah menyalurkan bantuan langsung secara bertahap untuk membantu pemulihan daerah terdampak di Majene-Mamuju dan Kalimantan Selatan.

Bantuan berupa barang-barang kebutuhan siap pakai, medical support, dan sanitasi.

Baca juga: Honda City Hatchback Resmi Meluncur, Harga Diumumkan April

Kemudian 25 Februari 2021 lalu, PT TMMIN memberikan bantuan donasi bagi korban banjir Kabupaten Karawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Karawang dan warga Karawang.

Total bantuan yang digelontorkan sebesar Rp 300 juta yang terdiri dari beras 3,1 ton, kebutuhan bayi sebanyak 700 set, cairan desinfektan (1.000 liter), masker sebanyak 20.300 pis, dan alat-alat pembersih.

“Kami berharap serangkaian donasi TMMIN bersama PMI dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemulihan bencana di Indonesia. Kami senantiasa memberikan dukungan penuh kepada PMI dan Pemerintah dalam mengatasi bencana alam di awal tahun 2021,” ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com