Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliader di Tuban yang Borong Mobil Banyak yang Belum Punya SIM, Ini Sanksinya

Kompas.com - 23/02/2021, 13:48 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur belum lama ini viral karena warganya yang mendapat uang miliaran rupiah dari hasil menjual tanah.

Uang tersebut dibelikan mobil baru. Walau sudah memiliki mobil, banyak warganya yang mengaku belum bisa mengemudikan mobil. Namun begitu, mereka tetap belajar mengemudi walau hanya di dekat rumahnya saja.

Perlu diketahui, untuk bisa mengemudikan mobil di jalan raya, tentunya dia perlu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Lalu apa dendanya jika pengemudi tidak memiliki SIM saat mengemudi di jalan raya?

Baca juga: Honda GB350 Menyapa, Intip Bedanya dengan HNess CB350

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 77 Ayat 1 berisi:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Baca juga: Apa Kabar Pembangunan Sirkuit Mandalika?

Sedangkan bagi pengemudi yang tidak memiliki SIM, akan dikenai denda sesuai dengan Pasal 281 UU Nomor 22 Tahun 2009 yang berisi:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com