Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Diferensial

Kompas.com - 16/02/2021, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDiferensial merupakan komponen penting untuk meneruskan daya yang dikeluarkan oleh mesin dari poros propeler ke poros as, menggerakkan kedua roda belakang.

Pada bahasan Otopedia kali ini, kita akan membahas lebih dalam soal fungsi, cara kerja, dan perawatan dari diferensial yang ada di kendaraan dengan model mesin depan penggerak belakang.

Mengutip dari buku “Teori dan Reparasi Sistem Pemindah Tenaga” karangan Wuyung Setyono dan Daryanto, Diferensial berfungsi untuk membedakan putaran as roda kanan dan kiri.

Baca juga: Beli Motor Yamaha di Bulan Ini, Cicilannya Nol Persen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tech Mech (@_techmech)

 

Ketika sedang berjalan, roda kanan dan kiri tidak selalu berputar pada kecepatan yang sama, terutama saat sedang berbelok. Saat berbelok, roda bagian luar berputar lebih cepat daripada roda bagian dalam.

Jika tidak memakai diferensial, mobil memang tetap bisa berbelok, namun ada sisi yang mengalami selip.

Komponen pada diferensial yang berperan membedakan putaran roda kanan dan kiri adalah bagian unit Differential Gear yang terdiri dari Differential Carrier, Side Gear dan Pinion Gear.

Untuk cara kerjanya, ketika mobil belok kiri, roda sisi kiri akan mengalami beban yang lebih besar daripada sisi kanan. Side gear kiri akan bergerak melawan pinion gear agar tidak berputar.

Baca juga: Mepet Avanza, Lebih Murah dari Rush, Ini Estimasi Harga Toyota Raize

Dengan begitu, side gear kanan akan diputar dengan pinion gear lalu diteruskan ke as roda. Sehingga roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri.

Untuk perawatannya, Dealer Technical Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, cukup dengan mengganti olinya secara berkala.

“Ganti oli diferensial berkala saja, setiap 40.000 km,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com