Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

154.079 Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 15/02/2021, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ?PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi terdapat 154.079 kendaraan yang akan kembali ke DKI Jakarta melalui ruas bebas hambatan alias tol pada hari ini, Minggu (14/2/2021).

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menjelaskan, proyeksi ini merupakan kumulaif dari empat gerbang tol (GT) utama.

"Yaitu, GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Cikupa, dan GT Ciawi. Diprediksi, puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada hari ini," kata Dwimawan, Minggu.

Baca juga: Arus Lalu Lintas Libur Imlek Landai, Berikut Alasannya

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama 2 yang menjadi tempat pemantauan arus lalu lintas libur Tahun Baru Imlek 2021 di jalan tol.DOK. JASA MARGA Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama 2 yang menjadi tempat pemantauan arus lalu lintas libur Tahun Baru Imlek 2021 di jalan tol.

Pada kesempatan sama, Dwimawan menyebut di arus balik hari pertama tercatat sebanyak 114.110 kendaraan telah menuju wilayah Jabodetabek, yakni Sabtu (13/2/2021).

Secara keseluruhan, volume lalu lintas tersebut turun 10,6 persen dari lalu lintas normal. Adapun distribusinya mayoritas terjadi dari arah Timur melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dari arah timur melalui GT Cikupa sebanyak 47 persen. Kemudian dari arah Barat 31,9 persen dan dari Selatan 21 persen," ujar dia.

Adapun rinciannya, arah timur, GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 25.866 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 12,7 persen dari lalin normal.

Baca juga: Berakhir Malam Ini, Ganjil Genap Kota Bogor Siap Dievaluasi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 131.679 kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1 dan GT Kalihurip Utama 1 selama dua hari Libur Tahun Baru 2021.Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 131.679 kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1 dan GT Kalihurip Utama 1 selama dua hari Libur Tahun Baru 2021.

GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 25.655 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 10,9 persen dari lalin normal. Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 51.531 kendaraan, turun sebesar 11,8 persen dari lalin normal.

Lalu, arah barat, lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 38.622 kendaraan, turun sebesar 6,1 persen dari lalin normal.

Arah selatan, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 23.957 kendaraan, turun sebesar 14,6 persen dari lalin normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com