Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riding Gear Masih Jadi Barang Sepele di Indonesia

Kompas.com - 13/02/2021, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berhubungan dengan nyawa manusia, tapi kelengkapan berkendara atau riding gear masih dianggap sepele di Indonesia. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak mengenakannya, misalnya paling standar helm saat berkenndara.

Padahal, riding gear juga dapat memengaruhi keselamatan sampai menyelamatka jiwa manusia. Ketika berkendara, perlengkapan yang wajib digunakan di antaranya helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Baca juga: Kecelakaan Bisa Terjadi Kapan Saja, Selalu Pakai Riding Gear yang Aman

“Itu menjadi hal penting yang wajib dipakai ketika berkendara untuk meminimalisir saat terjadi kecelakaan di jalan raya,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development PT Daya Adicipta Motora, dalam keterangan resminya.

Sarung tangan motormaximomoto.com Sarung tangan motor

Riding gear harus digunakan secara keseluruhan, karena tubuh kita harus terlindungi seluruhnya secara utuh ketika terjadi suatu kecelakaan atau pada suatu kondisi darurat.

Kecelakaan berkendara tidak mengenal waktu dan tempat, di mana pun dan kapan pun, potensi kecelakaan akan selalu ada ketika kita sedang berkendara.

Untuk itu, tiap pengendara wajib mempersiapkan diri dengan selalu melindungi seluruh organ penting pada bagian tubuh yang bisa terluka apabila mengalami kecelakaan saat berkendara.

Baca juga: Kupas Riding Gear Khusus Pebalap MotoGP untuk Wet Race

Helm akan berfungsi sebagai pelindung kepala, jaket melindungi tubuh bagian atas dari gesekan dan benturan, sarung tangan melindungi telapak tangan, celana panjang melindungi seluruh kaki dari gesekan dan benturan, dan sepatu melindungi bagian mata kaki hingga telapak kaki.

“Selalu lindungi diri kita dengan riding gear yang lengkap dan aman, pakai riding gear yang lengkap namun tetap aman dan nyaman saat berkendara,” kata Ludhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com