Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil Genap di Bogor Diperketat Selama Libur Imlek

Kompas.com - 11/02/2021, 14:04 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan bahwa penerapan aturan ganjil genap nomor kendaraan bermotor di Kota Bogor, Jawa Barat, pada akhir pekan ini tetap diperketat.

Pasalnya, waktu libur tersebut bertepatan dengan perayaan Tahun Baru China atau Imlek sehingga potensi peningkatan lalu lintas terbuka lebar yang berdampak pada penyebaran virus corona alias Covid-19.

"Pekan ini ada long weekend, yakni hari libur Imlek pada Jumat (12/2/2021). Sehingga, penjagaannya harus lebih maksimal," ujar Bima belum lama ini.

Baca juga: Polda Metro Jaya Siapkan 3 Pos Pengawasan Antisipasi Mudik Imlek

Ganjil genap Kota BogorKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ganjil genap Kota Bogor

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Bogor memberlakukan pembatasan itu dengan sasaran menekan penularan Covid-19 karena trennya terus naik beberapa waktu belakangan.

Menurut Bima, Kota Bogor adalah bagian dari tidak terpisahkan dari ibu kota negara, yakni Jakarta, sehingga tidak bisa melarang untuk datang ke Kota Bogor.

Namun, untuk mengurangi penularan Covid-19 di Kota Bogor, salah satu opsinya adalah memberlakukan kebijakan aturan ganjil genap bagi kendaraan bermotor.

Pemerintah Kota Bogor menyiapkan Pos Sekat sebagai tempat pemeriksaan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua yang memasuki Kota Bogor di enam lokasi.

Pos Sekat dekat gerbang Baranangsiang, Pos Sekat Simpang Yasmin, Pos Sekat Bubulak, Pos Sekat Gunung Batu, Pos Sekat Pomad, dan Pos Sekat Simpang Ciawi.

Baca juga: Pemudik di Libur Imlek Diimbau untuk Lakukan Swab Antigen

Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)

Pada kesempatan yang sama, Bima juga menyebut bahwa penerapan ganjil genap di wilayah terkait pekan lalu berhasil terealisasi secara optimal. Terbukti, jumlah kendaraan bermotor yang masuk Kota Bogor berkurang.

Menurut data PT Jasa Marga, jumlah kendaraan roda empat yang masuk ke Kota Bogor melalui Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Baranangsiang pada minggu lalu turun 8.082 unit dibanding akhir pekan sebelumnya.

”Itu artinya, kebijakan aturan ganjil genap bagi kendaraan bermotor yang diterapkan Pemerintah Kota Bogor berhasil. Warga mematuhinya,” kata Bima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com