Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik di Libur Imlek Diimbau untuk Lakukan Swab Antigen

Kompas.com - 11/02/2021, 07:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo memastikan tidak ada penindakan hukum bersifat material kepada pelanggar aturan protokol kesehatan selama periode libur pekan dan Tahun Baru China.

Namun, diimbau untuk seluruh penumpang transportasi dan pengemudi melakukan swab antigen guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

"Tindakan yang kita lakukan masih bersifat imbauan. Diinformasikan mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan melalui penerapan Prokes. Kita sarankan juga melakukan swab antigen," paparnya kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Puncak Kepadatan Lalin Jelang Libur Imlek Diprediksi Besok Sore

Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.KOMPAS.COM/FARIDA Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.

Sambodo pun menyebut hingga saat ini belum akan memberlakukan hukuman berupa putar balik bagi pemudik yang tidak bawa surat swab antigen seperti diterapkan beberapa wilayah tertentu.

"Gantinya, mulai besok kita siapkan swab tes antigen drive thru di rest area KM 19 ruas tol Jakarta-Cikampek. Pelayanan beroperasi pada Kamis-Minggu pekan ini saja," katanya.

Tidak ada batas kuota dalam layanan tersebut. Hanya saja, waktu layanan baru dibuka pada pukul 13.00 WIB. Kemudian, petugas bakal istirahat di pukul 15.00 WIB selama satu jam sampai beroperasi kembali.

Baca juga: Sayonara, Isuzu Panther Resmi Pensiun

Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/11/2020). Sebagai bentuk gotong-royong dan solidaritas untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia, Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International melakukan donasi bersama dengan memberikan bantuan kepada Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) berupa instrumen PCR, reagent kit dan bahan habis pakai untuk pemeriksaan PCR.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/11/2020). Sebagai bentuk gotong-royong dan solidaritas untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia, Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International melakukan donasi bersama dengan memberikan bantuan kepada Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) berupa instrumen PCR, reagent kit dan bahan habis pakai untuk pemeriksaan PCR.

Layanan dihentikan saat memasuki zona waktu malam hari, yaitu pukul 18.00 WIB.

"Alasan kami buka dari siang karena puncak arus lalu lintas akan terjadi pada Kamis (11/2/2021) sore," ucap Sambodo.

"Meski kita buka layanan pengawasan dan pencegahan, sebaiknya warga tetap di rumah dan menerapkan 5M," ujar dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com