Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Finansial, Tidak Ada MotoGP Ceko di Musim 2021

Kompas.com - 03/02/2021, 15:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Automotodrom Brno secara resmi mengumumkan tidak akan menggelar acara bertaraf internasional apa pun pada musim ini, termasuk MotoGP 2021.

Dalam keterangan tertulis, dijelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan ada masalah finansial yang rumit akibat pandemi virus corona alias Covid-19 sejak pertengahan tahun lalu.

Kini, salah satu sirkuit balap andalan Republik Ceko itu hanya akan fokus pada kegiatan lokal dan klub supaya bisnisnya tetap berjalan dengan pengeluaran efisien.

Baca juga: Marc Marquez Dituding Berbohong Soal Insiden Buka Jendela

Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, memacu motornya pada balapan GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016).AFP PHOTO/MICHAL CIZEK Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, memacu motornya pada balapan GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016).

"Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyelenggarakan kompetisi kejuaraan dunia dan kami memahami ekonomi dengan sangat baik. Brno sudah menjadi bagian dari MotoGP sejak 1965," kata Direktur Sirkuit Ivana Ulmanova, seperti dilansir Crash.net, Selasa (2/2/2021)

"Tidak ada acara olahraga atau budaya penting dunia yang secara ekonomi dapat diselenggarakan tanpa dukungan publik,"tambah dia.

Seperti diketahui, saat ini banyak sirkuit mengalami krisis ekonomi akibat Covid-19 sehingga membuat berbagai pihak terkait mempertimbangkan kembali untuk menghelat balapan besar. Apalagi, tanpa ada penonton.

Sementara perawatan sirkuit seperti pengaspalan ulang lintasan tetap berjalan sebagaimana yang dilakukan di Brno. Jika tidak, para pebalap mendapatkan potensi untuk mengalami kecelakaan fatal.

Baca juga: Jawaban Esemka Soal Mobil Listrik

Para penonton di Sirkuit Brno menyaksikan pebalap Marc VDS, Esteve Tito Rabat membalap pada GP Ceko, Minggu (17/8/2014).MOTOGP.COM Para penonton di Sirkuit Brno menyaksikan pebalap Marc VDS, Esteve Tito Rabat membalap pada GP Ceko, Minggu (17/8/2014).

Bicara kualitas grip lintasan di sirkuit Brno sendiri, dikabarkan tengah mengalami penurunan karena sudah bertahun-tahun tidak dilakukan pengaspalan ulang yang optimal.

Keluhan dan kritikan tajam dari para rider MotoGP membanjiri mereka di sela penyelenggaraan pada 2020, yakni pekan balap yang dimenangi rider Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder.

Untuk melakukan aspal ulang pada trek Brno, pemerintah diketahui butuh biaya sebesar 3,8 juta euro, alias Rp 65 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com