Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Legendaris Cagiva V593 GP John Kocinski Dijual

Kompas.com - 29/01/2021, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor Cagiva V593 GP yang dipakai John Kocinski di GP500 kini dijual untuk umum. Pembeli yang tertarik bisa mendapakan motor ini dengan cara lelang.

Buat yang asing, Kocinski merupakan pebalap GP500 era 90-an. Cagiva V593 GP ini membawanya menang di kandang, di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat pada 1993.

Baca juga: Motor Balap Casey Stoner Dijual Nyaris Rp 8 Miliar

Cagiva V593 GP John KocinskiFoto: Visordown Cagiva V593 GP John Kocinski

Bicara sejarah motor ini sangat menarik. Sebab Kocinski turun sebanyak dua musim di GP 500 bersama Cagiva yaitu pada 1993 dan 1994, tapi berhasil podium.

Pada 1993 dia bahkan turun di dua kelas. Pada awal sampai pertengahan musim dia balapan di kelas 250ccc bersama Lucky Strike Suzuki naik RGV250.

Tapi kemudian dia pindah ke 500cc di empat seri terakhir. Hebatnya dia menang di seri kandang di Laguna Seca, di balapan ketiganya pakai motor baru.

Cagiva V593 GP John KocinskiFoto:Visordown Cagiva V593 GP John Kocinski

Bicara motor, Cagiva C593 Kocinski ini masih sangat terawat. Motor warna merah cabe ini mengingatkan dengan Ducati masa kini. Dilengkapi nomor #3 besutan Kocinski.

Baca juga: Fenomena Motor Lawas Harga Selangit, Cuma Akal-akalan Pedagang?

Data teknisnya tidak disebutkan rinci. Tapi basisnya ialah memakai mesin 500cc2-tak, jantung dengan material magnesium alloy itu mampu memproduksi tak kurang 200 tk.

Meski besar tapi bobotnya sangat ringan. Pemakaian pelek karbon, swingarm, rem dan suspensi depannya yang terbaik, sehingga bobotnya kurang dari 100 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com