Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Proses Coating Agar Tidak Tertipu

Kompas.com - 25/01/2021, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada bodi mobil dengan cara coating mulai menjamur di kota-kota besar Indonesia. Perawatan ini cukup beragam macamnya, mulai dari merek dan harga yang ditawarkan masing-masing bengkel poles, sampai ada juga yang menawarkan perawatan di rumah.

Sayangnya, masih sedikit orang yang paham apa dan bagaimana itu proses coating seharusnya.

Layanan coating adalah perlindungan cat pada kendaraan. Sehingga, tampilan cat menjadi lebih maksimal dan tidak mudah lecet.

CEO Top Coat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, dalam melakukan coating itu harus melalui beberapa tahapan.

Baca juga: Mobil Listrik di Indonesia: Kemarin, Kini dan Esok

Konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan alasan dibilang dengan membayar atau menambah sekitar jutaan rupiah lagi, proses melapisi bodi mobil itu bisa menjadi maksimal.

“Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu,” ujar Christopher saat ditemui Kompas.com di BSD Tangerang, Jumat (22/1/2021).

Poles bodi mobil.Febri Ardani Poles bodi mobil.

Christopher menambahkan, pada dasarnya, sebelum mulai coating mobil tersebut harus dibersihkan atau disebut dengan istilah auto detailing. Setelah itu, baru bisa lakukan proses coating.

Baca juga: Lebih Rawan Kecelakaan, Ini Tips Khusus Berkendara Malam Hari

Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai,” kata Christopher.

Menurut Christopher, konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan dibilang harus bayar lebih mahal hanya karena dilakukan beberapa layer untuk coating. Sebab, prosesnya memang seperti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com