Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Responsif!

Kompas.com - 25/01/2021, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Universitas Budi Luhur memperkenalkan motor listrik baru bernama Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 atau disingkat BL-SEV01.

Pengembangan BL-SEV01 dilakukan oleh civitas akademika Budi Luhur, dengan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Katros Garage untuk desain.

Kompas.com berkesempatan mencoba sebentar BL-SEV01. Melihat langsung dan merasakan sedikit performa motor dengan desain neo cafe racer tersebut.

Baca juga: Biaya Bikin Prototipe Motor Listrik BL-SEVO1 Setara Satu Avanza

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

1. Desain

Secara garis besar tampilan BL-SEV01 merupakan cafe racer dengan sentuhan masa depan. Tampilannya menarik karena beda dengan mayoritas motor listrik saat ini yang berjenis skutik.

Lampu utamanya terletak di bawah fairing dengan shrouds besar yang terletak di depan. Lampu utama pakai LED di bagian kiri-kanan dan tiap lampu memiliki LED tiga titik.

Karena BL-SEV01 masih berupa purwarupa, bagian instrumen klaster cukup sederhana. Ada speedometer, penunjuk baterai dan saklar cut off buat mesin.

Bentuk tangkinya ramping dan panjang. Bedanya karena motor listrik maka tidak ada lubang pengisian BBM. Area dalam tangkinya diisi oleh perangkat elektronik

Kaki-kakinya besar. Suspensi depan upside down dan peleknya pakai dop penutup. Sedangkan di belakang pakai single arm punya Ducati, plus pelek dengan dop di sisi kanan.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik Neo Cafe Racer

Motor listrik dengan desain sporty karya Universitas Budi Luhur dan Katros Garage, BL-SEV01Kompas.com/Setyo Adi Motor listrik dengan desain sporty karya Universitas Budi Luhur dan Katros Garage, BL-SEV01

2. Rasa berkendara

Pertama kali duduk di atas ternyata joknya cukup tinggi, meski spesifikasi tidak diungkap. Test rider Kompas.com dengan tinggi 168 cm harus ekstra jinjit. Tapi jika pakai satu kaki masih cukup nyaman.

Kemudian tangki panjang dan setang jepit membuat posisi berkendara jadi merunduk. Posisi berkendaranya khas motor sport, dengan setang pendek serta posisi foot step tinggi.

Kunci on dan tinggal putar gas motor pun langsung jalan. BL-SEV01 memang bertransmisi matik. Motor listriknya berada di tengah. Penerus daya pakai rantai bukan sabuk.

Secara garis besar, letak motor listriknya sama dengan mesin motor konvensional. Berbeda dengan mayoritas skutik listrik yang pakai motor listrik di hub belakang.

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

Kompas.com mencoba BL-SEV01 beberapa kali putaran di kampus Budi Luhur. Saat pertama mencoba BL-SEV01 mesti sedikit beradaptasi, sebab entakannya cukup kuat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com