Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganteng, All New Corolla 1997 AE111 Berdarah JDM

Kompas.com - 24/01/2021, 09:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil tua memang memiliki kepuasan tersediri bagi pemiliknya. Alirannya pun beragam, ada yang restorasi penuh, bergaya balap, simpel, bahkan sampai melakukan ubahan total pada tampilan mobilnya.

Misalnya seperti Toyota All New Corolla 1997 AE111 kepunyaan M. Lulut. Jika dilihat dari sisi eksterior, mobil ini boleh dibilang masih standar dan tidak begitu banyak ubahan.

Namun, ada beberapa hal menarik dari ubahan yang dilakukan anggota komunitas Jakarta All New Corolla Senayan (JANC) itu terhadap mobilnya.

Baca juga: Kapan Tilang Uji Emisi Mulai Berlaku di DKI?

Lulut mengaku mendapatkan mobil bekas tersebut dengan harga di bawah Rp 50 juta. Sedan asal Jepang tersebut kemudian langsung direkondisi pada berbagai sektor.

“Waktu pertama dapat mobil ini kondisinya layak jalan, tapi catnya sudah pudar. Jadi langsung saya rekondisinya, dikerok sampai cat bawaan hilang lalu di cat ulang sesuai warna aslinya,” ujar Lulut saat ditemui Kompas.com di BSD Tangerang, Jumat (21/1/2021).

Salah satu bagian yang menarik perhatian adalah, lampu depan yang tampilannya dimodifikasi menjadi lampu cedok. Ide ini terinspirasi dari tren mobil di tahun 90-an.

Head lamp All New Corolla 1997 AE111 yang sudah diganti dengan Landcruiser VX80KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Head lamp All New Corolla 1997 AE111 yang sudah diganti dengan Landcruiser VX80

“Untuk lampu kotak, saya pakai OEM milik Landcruiser VX80. Tadinya mau pakai lampu Kijang kotak, tapi ternyata kebesaran. Jadi pakai punya Laindcruiser, ternyata hasilnya rapih, dan memuaskan,” ucap Lulut.

Kemudian Lulut juga mengganti lambang depan Toyota (Grille C) dan menambah pilar sabit C yang barangnya lumayan langka di Indonesia.

“Jarang yang jual untuk AE11, kebanyakan disini buat AE112. Untungnya ada teman di Thailand yang mau cariin barangnya. Terus ketemu di daerah Bang Na, Thailand,” kata Lulut.

Tidak hanya itu, agar mendapatkan perfoma yang masksimal. Ada beberapa part pada bagian ruang mesin yang diganti.

Mesin All New Corolla 1997 AE111KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mesin All New Corolla 1997 AE111

“Kalau mesin lebih direkondisi. Jadi, mesin semua dibongkar, di Tune Up Semi Sport (TUSS), matik juga dikuras tidak cuma di flush, plat kopling gigi dan engine mounting-nya juga diganti biar tidak getar,” tuturnya.

Sementara itu, pada bagain interior Lulut menyematkan jok aftermarket terbaik yang pernah dibuat, yakni bucket seat Recaro Lemans.

“Jok Recaro ini memang sudah sangat terkenal dan menjadi idaman para modifikator karena nyaman dan desainnya pas menopang tubuh. Recaro itu di motorsport di pakai rally. Ibaratnya enggak modif kalau enggak pakai jok Recaro,” katanya.

Interior All New Corolla 1997 AE111 KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Interior All New Corolla 1997 AE111

Untuk interior, Lulut mengaku paling sulit adalah mencari tuas transmisi JDM yang ada huruf Kanji, sebab barangnya terbilang langka.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Mobil Sport, Ketahui Batas Kecepatan di Jalan Tol

Mobil All New Corolla 1997 AE111 ini juga sudah disematkan sunroof OEM pada di bagian atapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com