Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza Kuasai Segmen Mobil Sejuta Umat

Kompas.com - 22/01/2021, 13:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza berhasil kembali menjadi penguasa pasar mobil keluarga 7-penumpang murah alias Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sepanjang 2020.

Capaian tersebut diperolehnya usai produk hasil kolaborasi bersama Daihatsu ini mencapai angka penjualan tahunan sebanyak 35.754 unit atau 42,8 persen dari total pasar LMPV.

Namun bila dibandingkan dengan realisasi penjualan tahun lalu, Avanza alami penurunan hingga 41,3 persen alias minus 50.620 unit. Hal ini pula yang jadi penyebab utama Avanza terdepak dari posisi teratas mobil terlaris di Indonesia.

Baca juga: Mobil Murah Anjlok 51,8 Persen, Terburuk dalam 6 Tahun Terakhir

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Pihak pabrikan menyebut, perlambatan itu seiring dengan dampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, saat kali pertama pandemi menyerang Tanah Air pemerintah langsung membatasi aktivitas masyarakat, termasuk industri dan bisnis.

Dampak yang dihasilkan, selama kuartal II/2020 penjualan anjlok hingga di level 80 persen.

Bahkan pihak Toyota dan Daihatsu sempat menghentikan aktivitas pabrik hampir satu bulan penuh guna menekan penyebaran virus corona. Adapun pemulihan pasar Avanza terbilang cukup lambat dibandingkan segmen LCGC.

Sementara pada posisi kedua LMPV terlaris di domestik, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ditempati oleh Mitsubishi Xpander dengan capaian penjualan sebanyak 14.793 unit.

Menariknya, torehan tersebut diikuti oleh Nissan Livina yang berhasil menorehkan angka penjualan sebesar 9.082 unit, bukan lagi Daihatsu Xenia.

Baca juga: Toyota Sebut Tren Penjualan Kendaraan Listrik Naik Signifikan di 2020

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Kembaran dari Avanza itu harus puas berada di posisi keempat setelah mengalami penurunan kinerja yang signifikan dengan total penjualan 7.367 unit. Berbeda tipis dengan Suzuki Ertiga yang berada di bawahnya, 7.516 unit.

Berikut daftar penjualan LMPV selama 2020:

1. Toyota Avanza: 35.754 unit
2. Mitsubishi Xpander: 14.793 unit
3. Nissan Livina: 9.082 unit
4. Daihatsu Xenia: 7.367 unit
5. Suzuki Ertiga: 7.516 unit
6. Honda Mobilio: 5.668 unit
7. Wuling Confero: 3.060 unit
8. Renault Triber: 229 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com