Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Buatan Cikarang dan Tambun Laris Manis, Carry Pikap Terbanyak

Kompas.com - 14/01/2021, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di saat penjualan mobil secara nasional turun hampir 50 persen pada sepanjang 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) jadi salah satu merek otomotif yang bisa bertahan selama pandemi.

Pada periode Januari-Desember 2020, PT SIS bisa meraih wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menariknya selama periode tersebut, mobil Suzuki yang diproduksi oleh pabrik di Cikarang dan Tambun mendominasi raihan tersebut dengan kontribusi lebih dari 90 persen.

Baca juga: Kapan Aturan Bikin dan Perpanjangan SIM Gratis Berlaku?

Ilustrasi Suzuki XL7DOK. SUZUKI Ilustrasi Suzuki XL7

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan, tahun 2020 jadi waktu yang berat bagi industri otomotif.

“Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment,” ujar Donny, dalam keterangan resmi (13/1/2021).

Donny juga mencatat, kontribusi produk lokal Suzuki pada 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales.

Baca juga: Dipasang APAR, Harga Kijang Innova Naik Rp 2 Jutaan

Ilustrasi Suzuki ErtigaDOK. SUZUKI Ilustrasi Suzuki Ertiga

“Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” katanya.

Untuk diketahui, kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7.

Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Baca juga: Nissan Note e-Power Bakal Ramaikan Pasar Mobil Listrik Indonesia

Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahunKOMPAS.com/Ruly Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun

Adapun untuk kendaraan penumpang, XL7 menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.

XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com