Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Penyebab Pelek Peang Saat Melibas Lubang di Jalan Tol

Kompas.com - 04/01/2021, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini sedang viral di Instagram di mana mobil pebalap nasional, Akbar Rais mengalami kerusakan pelek. Kejadian ini berlangsung di Jalan Tol Kanci-Pejagan, mobil miliknya menghantam lubang yang ada di tengah lajur tol sebelum KM 228.

Berdasarkan unggahan Instagram Story yang diunggah Akbar Rais, dirinya berjalan dengan kecepatan 120 kpj, lalu menghantam lubang yang ada di tengah jalan tol. Imbasnya, bibir pelek mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan.

Menilai kondisi yang terjadi, Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Bambang Widjanarko mengatakan, ada lima faktor yang bisa menyebabkan pelek peang saat melibas lubang di jalan.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Altis dan Audi, Pahami Cara Pindah Lajur yang Benar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akbar Rais (@akbarrais)

 

“Pertama ada kecepatan, lalu beban yang diangkut, tekanan udara dalam ban, dalam dan besarnya lubang yang dilibas,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Ketika melibas lubang dengan kecepatan yang tinggi serta beban yang berat bisa membuat pelek peang. Selain itu pentingnya juga menjaga tekanan udara pada ban, jangan sampai kurang dari standarnya.

Bambang juga mengatakan, kalau menghindari lubang di jalan tol memang sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan kalau di jalan tol, pengemudi akan dikagetkan dengan kemunculan lubang, jadi akan sulit menghindar.

Baca juga: Ini Penyebab Nissan Mengalami Kerugian Besar

“Jika sudah ketahuan jalannya rusak, akan lebih mudah untuk berhati-hati, berbeda kalau di jalan tol. Kalau mau menghindari lubang di jalan tol juga berisiko mobil selip atau body rolling,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, ruas tol Palimanan-Pejagan memang menjadi ruas yang paling rusak setiap musim hujan. Jadi harus tetap berhati-hati saat melewati ruas tol tersebut dan menjaga kecepatan mobil tidak berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com