Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fungsi Injektor pada Mesin

Kompas.com - 31/12/2020, 14:52 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kali ini Otopedia akan membahas satu komponen yang penting pada mesin baik mobil maupun motor, yaitu injektor. Pada bahasan ini, redaksi Kompas Otomotif akan menjelaskan fungsi, cara kerja, masa pakai dan cara merawatnya.

Injektor merupakan komponen yang ada di mobil atau motor zaman sekarang, atau biasa disebut dengan mesin injeksi. Sedangkan kalau mesin zaman dulu, masih menggunakan karburator.

“Pada prinsipnya, karburator dan injektor memiliki fungsi yang sama, yaitu menyuplai bahan bakar ke ruang bakar atau silinder,” ucap Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi kepada Kompas.com, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Harga Medium SUV Bekas Akhir Tahun, CX-5 Mulai Rp 170 jutaan, Outlander Sport Rp 150 Jutaan


Didi melanjutkan, cara kerja dari Injektor ini sudah diatur oleh Electronic Control Unit (ECU). Dengan begitu, injektor dapat menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan yang dibutuhkan. Berbeda dengan mobil lama yang mengandalkan karburator.

“Kalau mobil lawas, pencampuran bahan bakar dan udara dilakukan karburator. Kalau pakai injektor, udara diatur oleh throttle dan bahan bakar dari injektor,” kata Didi.

Didi mengatakan, injektor ini memiliki tekanan yang tinggi saat menyemprotkan bahan bakarnya. Oleh karena itu, bahan bakar yang disemprotkan oleh lubang nozzle akan lebih halus, sehingga lebih efisien, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Yamaha Siapkan Lawan Versys 250 dan KTM Adventure 250

ilustrasi injektor cleaner dan fuel filtervetusdirect/youtube ilustrasi injektor cleaner dan fuel filter

Sedangkan untuk masa pakainya, Didi mengatakan kalau injektor akan bertahan lama dan jarang rusak, selama pemakaian normal. Memang ada kalanya nozzle injektor tertutup kotoran, namun bisa dibersihkan dengan injector cleaner.

“Kotoran tadi memang membuat injektor tidak maksimal kerjanya, suplai bahan bakar jadi lebih rendah volumenya dari ideal. Kotoran ini bisa diatasi dengan injector cleaner yang dicampur ke dalam tangki,” ucapnya.

Baca juga: Cegah Konvoi Malam Tahun Baru, 11 Titik Masuk DKI Ditutup

Namun jika sudah parah dan tidak mempan dengan injector cleaner, bisa dilepas injektornya lalu dibersihkan dengan cara manual. Untuk merawatnya, cukup isi mobil atau motor dengan bahan bakar yang bagus kualitasnya.

“Biasanya ada filter bensin yang harus diganti secara berkala, ini juga bisa menyebabkan awetnya injektor,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com