Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas DKI Menurun 15 Persen Dalam Sepekan

Kompas.com - 29/12/2020, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami penurunan 15 persen selama satu pekan, seiring pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2020.

Tahun lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas pada periode sama mencapai 68 kasus. Sedangkan hingga pekan terakhir Desember 2020, turun menjadi 58 kasus.

"Maka bisa dikatakan terjadi penurunan 15 persen," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Ini Alasan Bus Lintas Sumatera Kerap Terlihat Kotor 

McLaren MP4-12C kecelakaan pada Minggu (3/5/2020).KOMPAS.com/Ruly McLaren MP4-12C kecelakaan pada Minggu (3/5/2020).

Sambodo menyebut penurunan angka kecelakaan ini terjadi seiring gencarnya imbauan keselamatan berlalu lintas yang disampaikan lewat berbagai platform media yang bersifat preemtif, prefentif, dan edukasi.

"Beberapa Faktor penyebabnya karena memang imbauan-imbauan yang kami sampaikan ke media, angka menunjukan kegiatan prefentif dan preemtif kami meningkat jauh dibanding 2019," katanya.

Baca juga: Kaca Mobil yang Retak Bisakah Diperbaiki?

Kemudian, selama operasi tahun ini petugas juga tidak melakukan penilangan. Namun, lebih banyak diisi dengan pendekatan yang fokus pada sisi kemanusiaan.

"Selama operasi lilin ini kami tidak melakukan penindakan dengan tilang. Tetapi lebih kepada persuasif, edukasi, preemtif untuk membeirkan edukasi kepada masyarakat terutama menaati aturan lalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com