Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Audio Mobil Harus Total Kalau Mau Hasil Maksimal

Kompas.com - 28/12/2020, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang ada yang senang memodifikasi eksterior untuk memanjakan mata. Tapi, ada juga yang memilih untuk memodifikasi atau upgrade audio untuk memanjakan telinga.

Namun, tak sedikit yang mengerti cara benar upgrade audio mobil. Beberapa orang merasa cukup hanya dengan mengganti speaker saja, subwoofer saja, atau komponen lainnya.

Baca juga: Xpander Cross Rockford Fosgate, Jadi Alternatif Pecinta Audio

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam sistem audio, terdapat beberapa komponen utama, antara lain speaker, power amplifier, kabel, dan subwoofer.

Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, mengatakan, bahwa semua komponen audio tersebut harus saling mendukung satu sama lain agar suara yang dihasilkan jadi maksimal.

"Audio itu seperti rantai, berhubungan semua. Kalau suara mau bagus, ya tidak bisa hanya ganti speaker saja atau subwoofer saja," ujar Puji, ketika dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Puji mengatakan, jika hanya mengganti salah satu komponen audio, pasti akan ada saja kekurangannya. Menurutnya, percuma saja menggunakan speaker yang bagus jika power amplifier tidak mendukung atau sebaliknya.

Baca juga: Modifikasi Audio Mobil, Gimana Caranya Agar Garansi Tak Gugur?

"Sebenarnya yang paling penting itu semuanya satu paket dan harus matching. Namun, tidak harus dari satu merek yang sama, yang penting cocok dan saling melengkapi," kata Puji.

Puji menambahkan, misalkan, speaker-nya butuh amplifier yang seperti apa, nanti amplifier-nya mencocokkan. Jadi, tidak masalah merek apa yang digunakan, yang penting terpenting adalah semuanya seimbang dan semua bersinergi. Maka itu, dinamakan sistem audio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com