Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Honda Mau Melepas Generasi Baru Dax Makin Santer

Kompas.com - 25/12/2020, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber visordown

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda dikabarkan siap menghidupkan kembali Honda Dax. Salah satu motor mini ikonik yang sudah setop produksi lebih dari dua dekade lalu.

Honda disebut sudah mengajukan nama merek dagang ST125, yang disinyalir bakal menjadi nama model baru untuk motor yang juga dikenal dengan sebutan Dax tersebut.

Baca juga: Setelah Monkey Z125, Honda Siapkan Generasi Baru Gorilla dan Dax 125

Honda DaxFoto: Visordown Honda Dax

Pengajuan nama ST125 ini tercatat di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) dan Kantor Paten dan Merek Dagang AS, dan sudah diajukan Honda sekitar Juni 2020.

Sebelumnya, kabar Honda akan membangkitkan Dax memang tercium pada September 2020. Saat itu Honda ditengarai sedang mempertimbangkan melansir Gorilla dan Dax.

Menilik namanya ST125 maka ditengarai akan memakai mesin 125 cc yang kemungkinan besar dipinjam dari saudaranya yaitu Honda Monkey Z125 dan Grom 125.

Baca juga: Beli Honda CT125 Sekarang, Dikirim Tahun Depan

Honda Gorilla dan Dax 125 generasi baruFoto: Young Machine Honda Gorilla dan Dax 125 generasi baru

Jika benar pakai mesin Monkey Z125 maka jantungnya akan berkapasitas 124 cc yang mampu menghasilkan tenaga 9,6 tk pada 7.000 rpm dan torsi 11 Nm pada 5.250 rpm.

Honda Dax sendiri banyak penyebutan, sebab motor mini ini tidak hanya dijual di Jepang, tapi juga meluncur di Eropa, Kanada, dan Amerika.

Untuk Jepang dan Eropa, motor ini lebih dikenal dengan Honda Dax, termasuk di Indonesia. Sedangkan di Kanada dan Amerika, disebut dengan ST atau Trail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com