Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Mika Lampu Motor yang Mulai Kusam dan Menguning

Kompas.com - 15/12/2020, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu yang memengaruhi penampilan motor yaitu bentuk dari lampu depannya. Namun akan sangat disayangkan kalau lampu yang modelnya sudah keren, mikanya malah kusam atau menguning.

Mika lampu yang kusam ini tentunya jadi kurang enak dilihat. Selain itu, pancaran lampu dari bohlam juga jadi tidak maksimal karena terhalang mika yang kusam.

Namun jika kusamnya masih tidak terlalu parah, sebenarnya bisa dibersihkan dengan memakai pasta gigi, seperti yang dikatakan Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian.

Baca juga: Susul PCX 160, Honda Kembangkan Vario 160

Mika lampu sepeda motor kusamFoto: Motorplus Mika lampu sepeda motor kusam

Caranya pun tidak sulit, pertama bersihkan dahulu mika lampunya sampai bersih kemudian keringkan. Setelah kering, oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan lampu dan gosok dengan cara melingkar.

“Setelah itu diamkan sejenak, lalu siram dengan air sampai bersih,” ucap Christopher kepada Kompas.com belum lama ini.

Membersihkan dengan pasta gigi ini hanya efektif jika buram di luar saja. Sedangkan jika sampai menguning, mika harus dibuka dan dibersihkan dari bagian dalam.

Baca juga: Hitungan Hari, Nissan Magnite Siap Mengaspal di Tanah Air

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Asep Suherman mengatakan, ada berbagai faktor yang menyebabkan mika lampu jadi kusam, seperti usia motor, bohlam yang tidak sesuai dan retakan kecil.

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com