Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Cara Merawat Motor Balap dari Astra Honda Racing Team

Kompas.com - 13/12/2020, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor perlu dirawat, baik itu motor harian atau motor balap. Apalagi di masa pandemi ini, di mana agenda balap sangat minim sekali, motor balap tetap perlu diperhatikan.

I Made Yoga Widnyana, Chief Mechanic Astra Honda Racing Team (AHRT), mengatakan, pada dasarnya perawatan motor harian dan motor balap sama. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian dari motor.

Baca juga: Di Rumah Aja, Jaga Kondisi Tubuh Ala Pebalap AHRT

Pada saat balap, semua bagian motor dibongkar hingga tersisa rangka, mulai dari main frame, sub-frame, dan komponen terkait, serta wire harness (kabel bodi).

Andi Gilang, salah satu pebalap jebolan AHRT.AHM Andi Gilang, salah satu pebalap jebolan AHRT.

Yoga mengatakan, semua komponen bodi dicek kemudian dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Jika ada komponen yang rusak, sebisa mungkin diperbaiki atau diganti.

”Alasan membersihkan motor balap, selain menjaga estetika, adalah mencegah kotoran/debris masuk ke bagian vital motor. Misalnya, intake mesin, knalpot, rem depan/belakang, dan lainnya," ujar Yoga, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Tips Jaga Stamina Naik Motor ala Crosser AHRT

Yoga menambahkan, benda asing yang masuk dapat merusak atau mengurangi performa keseluruhan dari motor balap.

"Mesin juga diturunkan dari rangka untuk dilakukan overhaul. Ini meliputi pengecekan mesin, pembersihan, dan juga tune-up agar kondisi mesin sedapat mungkin kembali ke awal dan siap digunakan untuk balap," kata Yoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com