Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Ban Mobil Sebaiknya Berdasarkan Masa Pakai Atau Kondisi Fisik?

Kompas.com - 12/12/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah atau komponen penting dalam kendaraan, sebab berhubungan langsung dengan jalan. Komponen ini juga termasuk kategori fast moving dan memiliki usia pakai maksimum.

Tidak jarang pemilik kendaraan abai dengan tekanan angin ban, termasuk memperhatikan kondisi secara fisik. Padahal, jika terus dilakukan dampaknya bisa sangat fatal seperti kecelakaan karena pecah ban atau kondisi karet yang sudah tipis.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil, apakah dengan melihat dari masa pakai atau kondisi fisik ban itu sendiri?

Baca juga: Simulasi Kredit Sedan Bekas, Cicilan Mulai Rp 2 Jutaan

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, sebenarnya kedua indikator tersebut bisa digunakan. Namun, jika mobil jarang digunakan, pemilik kendaraan patut mengetahui jika ban juga mempunyai masa pakai.

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

Tidak serta merta mobil yang jarang jalan selama bertahun-tahun, tak perlu mengganti ban karena masih tebal. Sebab kondisi tersebut tentu akan berpengaruh pada kinerja ban.

“Ban harus diganti jika kondisi fisiknya sudah tidak layak. Misal sudah gundul, sobek, atau ada kerusakan di beberapa bagian yg memang tidak bisa diperbaiki lagi,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/20/2020).

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil Murah Bekas, Angsuran Mulai Rp 2 Jutaan

Zulpata melanjutkan, kerusakan tersebut seperti bagian telapak ban yang sudah gembung, flat spot akibat panic brake, hingga keausan yang tidak rata dan sudah parah, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Menurut Zulpata, selama ban masih dalam kondisi baik pemilik mobil tidak perlu melakukan penggantian. 

“Tidak ada masalah dengan usia atau dengan waktu produksi, selama ban masih dalam kondisi baik tidak perlu lakukan penggantian,” kata Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com