Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gesits Klaim Bisa Terabas Air Setinggi 70 cm

Kompas.com - 11/12/2020, 18:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai merek motor listrik lokal yang sudah dijual untuk umum, masih banyak pertanyaan soal seberapa kuat Gesits mampu melewati genangan air.

Sebab sebagai motor yang memiliki arus listrik ditakutkan motor akan korslet dan mogok. Atau dalam skenario yang paling parah dapat membahayakan pengendara.

Baca juga: Gesits Bisa Custom Warna Sesuai Keinginan, Ini Biayanya

Menjawab hal itu, Sabar Tirto Mardani, Koordinator Pengembangan Usaha PT WIKA Industri Manufaktur (Wima), prinsipal Gesits, mengatakan motor aman melewati banjir.

"Puli di tengah pakai belt, kita coba sampai ketinggian (air) 70 cm, jadi kalau roda tenggelam semua masih bisa nyala. Aman, karena posisi konektor-konektornya kita taruh di atas," katanya saat sesi diskusi di IIMS Motobike Hybrid Show, Kamis (10/12/2020).

Sabar mengatakan, bahkan sebetulnya motor masih aman dan komponen kelistrikan bisa berkerja bahkan jika motor terendam air hingga ketinggian 1 meter.

Baca juga: Volta Siapkan Motor Listrik Roda Tiga Pengangkut Barang

Gesits Foto: Tangkapan layar Gesits Gesits

"Sementara mesin yang tenggelam itu kapasitasnya bisa tenggelam sampai 1 meter. Jadi cukup aman. Tenggelam 70 cm masih bisa lewat. Kondisi air 70 cm," katanya.

Gesits memiliki tiga mode berkendara E (Eco), U (Urban), dan S (Sport). Masing-masing mode memberikan impresi yang berbeda.

Mode E cocok untuk dipakai untuk berkendara santai. Mode U lebih tepat untuk dipakai saat berkendara di perkotaan. Sementara mode S, untuk yang ingin mencoba performa maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com