Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Transformasi Mazda, Mulai Elektrifikasi Sampai Model Baru

Kompas.com - 30/11/2020, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah berdampak pada industri otomotif secara signifikan. Kekhawatiran akan resesi ekonomi global, bahkan membuat beberapa perusahaan otomotif menangguhkan operasional beberapa pabrik.

Namun di lain sisi, pandemi juga menjadi momentum untuk mengubah strategi perusahaan agar dapat meningkatkan penghasilan di masa mendatang.

Seperti Mazda yang baru-baru ini mengubah strategi jangka menengahnya, agar dapat bertahan sampai 100 tahun ke depan demi mengarungi industri otomotif yang berkelanjutan.

Baca juga: Desain Nissan Serena C27 yang Lebih Sporty dan Praktis

Hasil olah digital Mazda CX-5 terbaru.bestcarweb.jp Hasil olah digital Mazda CX-5 terbaru.

Dilansir dari laman Best Car Web, Mazda berencana menghadirkan kendaraan berteknologi elektrifikasi pada semua jajaran produk pada 2030.

Tentu tidak semuanya EV murni, tapi power train yang menggabungkan mesin bakar internal dan teknologi elektrifikasi.

Rencananya kendaraan berteknologi mild hybrid 48V dan plug-in hybrid akan mengambil porsi sekitar 95 persen, serta 5 persen sisanya EV murni.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Tim dan Pebalap MotoGP 2021

Mazda CX-5bestcarweb.jp Mazda CX-5

Namun mesin bakar internal Mazda bakal punya teknologi mutakhir. Kabarnya mesin baru 4-silinder dan 6-silinder yang disiapkan akan memiliki efisiensi yang sangat baik.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, mesin 6-silinder terbaru dengan penggerak belakang memang bakal dihadirkan di Mazda6 terbaru.

Tak hanya itu, tapi juga teknologi yang lebih ramah lingkungan seperti SKYACTIV-X, diesel bersih, mild hybrid 48V, sampai plug-in hybrid.

Baca juga: PO Putra Remaja Rilis Tiga Bus Baru dari Karoseri Morodadi Prima

Mesin mobil Mazda yang berteknologi SKYACTIV-Xresponse.jp Mesin mobil Mazda yang berteknologi SKYACTIV-X

Kabar baiknya, karena CX-5 merupakan SUV yang dikembangkan dari Mazda6. Maka CX-5 generasi mendatang akan mengikuti perkembangan sedan tersebut.

“Ini akan menjadi SUV premium yang sebanding dengan Mercedes-Benz GLC dan BMW X5,” ujar salah seorang pejabat Mazda yang tak disebutkan namanya, dikutip dari Best Car Web.

Rumornya, mobil-mobil tersebut akan mengusung mesin baru, yakni 3.000 cc 6-silinder SKYACTIV-X dengan mild hybrid. Termasuk juga mesin dieel 3.300 cc 6-silinder SKYACTIV-D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com