Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Lebih Pilih Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

Kompas.com - 29/11/2020, 09:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski tengah dipromosikan besar-besaran, popularitas kendaraan listrik rupanya masih belum bisa mengalahkan kendaraan hybrid atau PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) di Indonesia.

Dari hasil riset yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini lebih menyukai kendaraan hybrid atau PHEV ketimbang kendaraan listrik.

Baca juga: Tak Perlu Ikut Tes Lagi, Begini Cara Urus SIM yang Hilang

Hyundai Kona ElectricKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona Electric

“Kalau dilihat dari insentif PPnBM produk hybrid sebenarnya sudah sangat kompetitif, dan ke depannya produk hybrid dan plug-in pasti berkembang,” ujar Riyanto, Peneliti Senior LPEM FEB UI, dalam webinar (26/11/2020).

Selain itu, berdasarkan hasil uji coba LPEM FEB UI, efisiensi kendaraan PHEV sama baiknya dengan mobil listrik murni saat dipakai di kawasan perkotaan.

“Selama simulasi, BBM-nya terpakai kecil banget dan digerakkan oleh baterainya,” ucap Riyanto.

Baca juga: Punya Uang Rp 100 Jutaan, ke Balai Lelang Bisa Dapat Alphard

Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.

“Plug-in Hybrid mirip dengan full batery karena kalau di dalam kota pembakarnya tidak befungsi,” tuturnya.

Tingginya minat kendaraan hybrid juga bisa dilihat dari angka penjualan Gaikindo pada Oktober 2020. Secara wholesales, penjualan terbanyak di segmen Low SUV ditempati Honda HR-V dengan angka 1.035 unit.

Namun di tempat kedua, dihuni oleh Toyota Corolla Cross Hybrid yang meraih 135 unit. Sementara untuk Nissan Kicks e-Power bisa terjual sebanyak 37 unit.

Baca juga: Berkaca Kecelakaan Ambulans Vs Polisi, Minim Kesadaran Pengguna Jalan

Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan CiletuhKompas.com Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan Ciletuh

Adapun untuk Hyundai Kona EV yang pertama kali dipasarkan di Indonesia pada Oktober 2020, bisa mencatat jumlah pengiriman dari pabrik ke diler sebanyak 20 unit.

“Kalau dalam waktu ini saya pilih hybrid atau plug-in hybrid. Tetap dalam jangka panjang kalau ekosistemnya ada, kita bisa pindah langsung ke BEV (Battey Electric Vehicle),” kata Riyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com