Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] MPV Bekas Rp 70 Jutaan | Ancaman Mobil Listrik | Pengkhianatan Ferrari

Kompas.com - 28/11/2020, 06:32 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur akhir tahun merangsang bisnis mobil bekas kembali bergairah. Hal tersebut lantaran adanya kebutuhan untuk mudik ataupun berlibur ke luar kota.

Dari sekian banyak model yang ada, jenis multi purpose vehicle atau MPV tetap menjadi idola yang banyak jadi incaran. Namun demikian, MPV yang banyak diburu cenderung mengarah ke harga yang murah dengan usia pakai yang bisa dibilang tak lagi muda.

Kisaran harga murah yang dimaksud adalah di bawah Rp 100 juta, contohnya MPV lawas dengan banderol Rp 70 jutaan. Pilihannya cukup banyak dan bervariasi dari semua merek yang ada.

Baca juga: MPV Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Ada Avanza, Stream, Hingga Innova

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Contoh seperti Toyota Kijang LGX 2002 dengan banderol Rp 78 juta, Avanza G 2005 Rp 76 juta, Nissan Evalia 1.5 XV AT 2012 Rp 73 juta, sampai Honda Stream lansiran 2004 yang dipasarkan Rp 73,5 juta.

Kabar soal MPV bekas dengan kisaran harga Rp 70 jutaan menjadi salah satu berita terpopuler.

Namun, selain itu masih ada beberapa berita menarik lainnya yang menjadi sorotan pada Jumat 27 November 2020.

Berikut ringkasannya ;

1. Mobil Listrik Menciptakan Ancaman Bagi Industri Komponen Lokal

Seperti diketahui, belakangan ini kembali ramai informasi seputar perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari terbitnya beberapa regulasi dan penetapan target mengenai populasi kendaraan listrik sebanyak 20 persen pada 2025.

Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.

Layaknya dua sisi mata koin, adanya target memberikan harapan sekaligus kepastian soal keseriusan perkembangan ekosistem kendaraan elektrikfikasi di Tanah Air.

Baca juga: Mobil Listrik Menciptakan Ancaman Bagi Industri Komponen Lokal

Namun di sisi lain, keberadaan kendaraan listrik bisa diibaratkan seperti "tumor jinak" yang berlahan tapi pasti siap memberangus bisnis komponen otomotif kendaraan konvensional.

Ilustrasi Pabrik Tesla di ASreuters.com Ilustrasi Pabrik Tesla di AS

Karena itu, bila era mobil listrik sudah menjamur, harus dihitung lagi berapa potensi kerugian industri otomotif dan pendukungnya. Di sisi lain, juga perlu diperhatikan terciptanya bisnis baru dari era mobil listrik ini, apakah bisa mengkonpensasi kerugian atau justru bisa surplus.

2. Kejadian Lagi Truk Mundur di Tanjakan, Minimnnya Skill Pengemudi

Bicara soal keselamatan berkendara tak hanya sekadar menjaga jarak dan memperhatikan kondisi kendaraan, tapi juga erat kaitannya dengan masalah keahlian dari pengemudinya.

Memang masalah klasik, namun menjadi menarik untuk diulas lagi ketika ada kejadian yang terkiat. Contoh seperti viralnya video sebuah truk mundur dan menabrak pembatas jalan yang diduga lantaran tak kuat menanjak.

Tangkapan layar truk mundur tidak terkendaliInstagram/warung_jurnalis Tangkapan layar truk mundur tidak terkendali

Baca juga: Kejadian Lagi Truk Mundur di Tanjakan, Minimnya Skill Pengemudi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com