Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi Truk Mundur di Tanjakan, Minimnya Skill Pengemudi

Kompas.com - 27/11/2020, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru ini tersebar video yang meperlihatkan truk yang mundur kehilangan kendali lalu menabrakkan kendaraannya ke pembatas jalan. Disinyalir, truk tersebut tidak kuat menanjak dan akhirnya malah mundur lagi.

Kejadian truk yang mundur tanpa kendali ini sebenarnya memperlihatkan minimnya keahlian atau skill pengemudi truk di Indonesia. Beruntung saja truk tersebut tidak mengenai kendaraan lain dan mampu diberhentikan, sehingga tidak timbul korban.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, truk yang mundur tanpa kendali ini lebih condong karena masalah pengemudi, bukan faktor dari kendaraan.

Baca juga: Yamaha Menolak Gear 125 Sebagai Skutik Murah

Kepolisian Melakukan Olah TKP Truk Terguling di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul Jumat (9/8/2019) (Dokumentasi Polsek Ponjong)MARKUS YUWONO Kepolisian Melakukan Olah TKP Truk Terguling di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul Jumat (9/8/2019) (Dokumentasi Polsek Ponjong)

“Dalam hal ini, dia (pengemudi) gagal mengantisipasi kondisi yang ada yaitu tanjakan. Dia lupa kalau itu tanjakan, beban, dan dimensi kendaraan yang dia bawa,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Jusri menjelaskan, ada prosedur yang harus dilakukan pengemudi truk saat menemui tanjakan. Prosedur truk maupun kendaraan lainnya, jangan pernah melakukan perpindahan perseneling di area handicap atau rintangan.

“Jangan pernah pindahkan perseneling di tanjakan atau turunan. Cara yang benar yaitu lakukan sebelum melewati tanjakan atau turunan walaupun dirasa kendaraannya mampu melewati rintangan tersebut,” kata Jusri.

Baca juga: Razia Batas Kecepatan Pakai Speed Gun di Tol Cipali

Perlu diingat, untuk kendaraan besar seperti truk, perpindahan perseneling dari gigi tinggi ke rendah itu sulit dilakukan saat putaran mesinnya rendah. Sehingga saat pindah perseneling di tanjakan, kemungkinan yang terjadi yaitu missed gear.

“Ketika missed gear, giginya tidak masuk, yang terjadi yaitu free wheel atau roda bebas. Mengandalkan service brake saja tidak mampu menghentikan laju truk, walaupun roda mengunci, kendaraan tetap meluncur,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com