Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria Mobil Bekas Paling Dicari Konsumen di Masa Pandemi

Kompas.com - 26/11/2020, 08:12 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas menjadi pilihan bagi banyak orang ketika ingin memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang ramah di kantong.

Di masa pandemi Covid-19 ini, harga memang menjadi salah satu pertimbangan tersendiri ketika membeli mobil setengah pakai.

Untuk itu, konsumen pun memilih mobil seken yang tidak terlalu muda agar harganya juga tidak terlalu mahal.

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, mobil-mobil bekas yang paling laris itu yang sudah berumur 4 sampai 6 tahun.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Ada Xenia, Avanza, dan BMW

Alasan ini juga ada kaitannya dengan harga jual, yang sudah berbeda jauh dibandingkan dengan harga barunya sekarang.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

“Mobil bekas yang banyak dicari adalah yang keluaran tahun 2014 hingga 2016 itu yang ramai. Tidak terlalu muda dan selisih harganya juga sudah cukup banyak dengan yang keluaran baru,” kata Fischer saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Fischer mengatakan, jika mobil bekas yang dibeli konsumen terlalu muda atau hanya selisih satu atau dua tahun harganya masih cukup tinggi.

Sementara, untuk mobil yang sudah selisih antara empat sampai enam tahun harganya juga sudah menurun cukup banyak.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Jazz, Avanza, sampai City

“Kalau untuk mobil seken rata-rata diminati konsumen yang sudah keluar 4 sampai 6 tahun yang lalu, itu populasinya terbanyak,” tuturnya.

Apalagi, Fischer menambahkan, jika mobil bekas tersebut sekarang sudah memiliki model terbaru maka harga bekasnya juga akan jauh lebih selisihnya.

“Misalkan yang keluaran tahun 2014 dan sekarang sudah ada model terbarunya di 2020 itu harganya semakin besar lagi selisihnya,” ucapnya.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Untuk pilihan tipenya, Fischer mengatakan, yang paling laris tetaplah di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) murah.

Salah satu alasannya karena tipe mobil ini memiliki ruang kabin yang paling luas. Sehingga, bisa menampung jumlah penumpang atau pun barang yang lebih banyak dibandingkan tipe yang lainnya.

Terlebih di masa akhir tahun sekarang ini banyak yang membutuhkan mobil bekas untuk menghabiskan liburan.

“Bulan ini penjualan mobil bekas sudah mengalami kenaikan, untuk LMPV sepanjang musim ini laku. Apalagi nanti akhir tahun kemungkinan akan semakin ramai peminatnya,” ujarnya.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, sekarang ini MPV memang kembali banyak peminatnya.

Padahal, sebelumnya tipe ini sedikit terlupakan dengan hadirnya beberapa produk terbaru di pasaran.

“Seperti Avanza, Xenia yang dulu sempat terlupakan sekarang banyak yang cari lagi. Dan harganya juga sudah berubah,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com