Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kaki Pengemudi Harus Dibuat Steril dari Barang Apapun

Kompas.com - 11/11/2020, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan mobil bisa terjadi karena berbagai faktor. Tak terkecuali diakibatkan oleh karpet mobil.

Pada beberapa kasus kecelakaan tunggal, disebabkan oleh pedal gas yang tersangkut sandal sang pengemudi. Kesalahan bukan hanya karena penggunaan sandal, tapi bisa juga pada karpetnya atau bahkan barang-barang lainnya.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Sering Injak Pedal Setengah Kopling, Ini Dampaknya

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, memang ada kejadian serupa, hanya saja tidak disebabkan oleh sendal atau alas kaki yang tak cocok buat berkendara, tapi malah karpet mobil.

Ilustrasi karpet mobil berbahan dasar beludruDok. Otomotif Group Ilustrasi karpet mobil berbahan dasar beludru

“Karena itu, pilihlah karpet yang betul-betul melewati pedal gas, bukan setengah atau terlalu pendek, karena itu bisa menggangu atau mengganjal pedal gas sendiri,” ujar Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Jusri, tak sedikit pengemudi atau pemiliki kendaraan yang memiliki kebiasaan meletakkan barang-barang di ruang kaki atau bawah jok pengemudi. Padahal, menurutnya hal tersebut salah untuk dilakukan.

"Sebab, ketika mobil bergerak, ada kemungkinan barang-barang tersebut berpindah-pindah, dan mengganggu pengoperasian pedal-pedal," kata Jusri.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Kaki Kiri Jangan Nempel di Pedal Kopling

Jusri menambahkan, para pengemudi juga sering meletakkan sesuatu, seperti sepatu, sandal, botol minum kemudian alat-alat seperti obeng dan perlengkapan lainnya di bawah jok pengemudi. Kebiasaan tersebut tidak dapat dibenarkan.

Jusri menyarankan untuk tak meletakkan apapun di ruang pengemudi, dan sebaiknya di bagasi. Sedangkan untuk sepatu atau sandal, bisa diletakkan di ruang kaki penumpang sebelah kiri, agar mudah mengaksesnya.

“Pada beberapa model mobil juga sudah ada kompartemen khusus di bawah jok untuk meletakkan barang-barang,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com